Dalam regulasi Pemkot Jayapura juga ada petunjuk untuk teknis pelaksanaan APBD sehingga itu menjadi rujukkan dalam pembagian anggaran pada setiap kegiatan
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua terus melakukan review atau peninjauan terhadap penggunaan anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar inti dari setiap kegiatan bisa berdampak bagi masyarakat.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Senin, mengatakan setiap penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pihaknya selalu mengikut aturan.

"Dalam regulasi Pemkot Jayapura juga ada petunjuk untuk teknis pelaksanaan APBD sehingga itu menjadi rujukkan dalam pembagian anggaran pada setiap kegiatan," katanya.

Menurut Pekey, apa yang disoroti Presiden Joko Widodo terhadap penggunaan anggaran di daerah memang sering terjadi.

"Namun itulah yang menjadi semangat Pemkot Jayapura untuk meninjau setiap anggaran yang dialokasikan kepada setiap OPD," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya meminta kepada semua OPD agar dengan adanya alokasi anggaran benar-benar untuk mendukung inti dari setiap kegiatan yang dilaksanakan.

"Jadi kami ingatkan agar anggaran yang dialokasikan ialah untuk mendukung inti kegiatan bukan pendukung kegiatan," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya bersama Inspektorat Kota Jayapura akan terus mengawal terhadap alokasi anggaran sehingga dengan inti kegiatan dapat memberikan dampak bagi masyarakat sebagai penerima sasaran program.

Baca juga: Pemkot Jayapura serahkan bantuan bagi 77 KK korban kebakaran

Baca juga: Karantina Pertanian Jayapura: Jaga keanekaragaman hayati Papua

Baca juga: 19 satwa ilegal disita Karantina Pertanian Jayapura di Bandara Sentani

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023