Pada liburan sekolah ini, TMII lebih fokus pada kegiatan anak-anak
Jakarta (ANTARA) -
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyiapkan sejumlah permainan tradisional untuk para pengunjung, khususnya anak-anak menjelang liburan sekolah pada awal Juli tahun ini.
 
"Pada liburan sekolah ini, TMII lebih fokus pada kegiatan anak-anak, permainan anak. Permainan tradisional akan kita angkat," kata Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang kepada wartawan di TMII, Jakarta Timur, Senin.

Permainan tradisional yang telah disiapkan dan dimainkan secara gratis itu, antara lain, egrang, dakon (congklak), gasing, tapak gunung (engklek), lompat karet, layangan, kelereng (gundu) dan lainnya.

Kegiatan itu, kata Claudia, untuk memberikan pengalaman menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak selama liburan sekolah.

"Pada liburan sekolah mari kita bebaskan anak-anak dari permainan 'gadget' (gawai). Kita berikan mereka kegiatan fisik dan eksplorasi yang menyenangkan," ucapnya.

Baca juga: Anjungan Papua siap terima rombongan dari Rumania ke TMII

Selain permainan zaman dulu, ada juga arena permainan sepeda anak di dalam ruangan atau "indoor", pertunjukan tari tradisional, wayang dan hiburan lainnya.

"Anak-anak bisa belajar bagaimana membuat wayang dan menjadi seorang dalang cilik. Kegiatan seni dan budaya ini merupakan akar budaya Indonesia, sehingga sangat penting bagi anak-anak," katanya. 

Selain itu, lanjut Claudia, anak-anak juga dapat menikmati area terbuka hijau yang nyaman dan luas.

"Di sini juga ada ragam kuliner nusantara yang lezat untuk memenuhi kebutuhan pengunjung," katanya.

TMII juga menyiapkan acara khusus yang bekerja sama dengan pengelola museum, salah satunya museum transportasi dengan menyediakan simulator pesawat.

Baca juga: Belasan ribu pengunjung padati TMII saat libur panjang

"Jadi, anak-anak bisa merasakan bagaimana menjadi seorang pilot. Ini akan dipandu oleh petugas museum transportasi. Acara itu akan dibuka pada Juli 2023," kata Claudia.

TMII yang buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB menyediakan pos layanan kesehatan serta petugas keamanan yang senantiasa siaga di lapangan.

"Pengunjung dapat membeli tiket secara daring untuk menghindari antrean panjang," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023