"ASN di lingkungan Pemkab Barito Timur wajib menjaga netralitas pada semua tahapan pemilu,"
Tamiang Layang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengadakan kegiatan sosialisasi untuk menekankan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"ASN di lingkungan Pemkab Barito Timur wajib menjaga netralitas pada semua tahapan pemilu," kata Ketua Bawaslu Barito Timur Feryanto Marthen di Tamiang Layang, Senin.

Dia berharap para ASN menjadi agen-agen perubahan, yang mampu menyampaikan informasi tentang pentingnya Pemilu 2024, baik di tempat kerja, lingkungan keluarga, maupun masyarakat di wilayah tempat tinggalnya.

“Pengawasan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu semata, tetapi juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat,” kata Ferry.

Dia mengatakan sesuai dengan tagline Bawaslu yang berbunyi "Bawaslu Bersama Rakyat Mengawasi Pemilu", maka semua orang memiliki peran penting dalam mengawasi jalannya pemilu. Namun, kata dia, penanganan pelanggaran tetap menjadi tugas utama Bawaslu.

Oleh karena itu, ASN di lingkungan Pemkab Barito Timur diajak untuk menjaga netralitas sekaligus mensukseskan Pemilu 2024 agar berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.

"Kami meminta masyarakat tidak ragu dalam hal pelaporan pelanggaran netralitas ASN kepada Bawaslu maupun Panwascam,"katanya.

Bawaslu dapat menggunakan laporan dari masyarakat sebagai temuan untuk kemudian menindaklanjuti pelanggaran tersebut. Dengan demikian, masyarakat hanya perlu menyampaikan informasi awal, dan Bawaslu akan mengambil langkah selanjutnya dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Identitas dan keamanan pelapor akan dijaga dengan baik,” tegas Ferry.
 

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023