Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola asal klub RCD Espanyol Joselu Luis Mato Sanmartin resmi diumumkan sebagai rekrutan anyar Real Madrid.

Pesepak bola yang akrab disapa Joselu itu dikontrak Madrid dengan status pinjaman untuk musim depan dengan opsi permanen pada akhir musim.

“Joselu Mato #JoseluIsBack,” tulis pengumuman resmi klub dari media sosial, Senin WIB.

Striker yang baru saja memenangi UEFA Nations League 2023 bersama tim nasional Spanyol itu merupakan produk akademi El Real yang bergabung pada 2010 di usianya yang menginjak 20 tahun.

Dua tahun bermain untuk tim Castilla, Joselu tampil 73 kali dengan melesatkan 40 gol.

Tampil apik di Castilla, striker bertinggi 1,92 meter itu mendapat debut perkuat tim senior pada 21 Mei 2011 melawan Almeria di Stadion Santiago Bernabeu pada ajang LaLiga 2010/2011.

Saat itu, pesepak bola yang kini berusia 33 tahun itu debut dengan manis karena mencetak satu gol meski hanya bermain tiga menit setelah masuk dari bangku cadangan.

Baca juga: Dembele ingin Barcelona menangi Liga Champions musim depan

Pakar transfer kenamaan Fabrizio Romano mengatakan harga pinjaman sang pemain adalah sebesar 500 ribu Euro dan apabila Madrid mempermanenkan wajib membayar 1.5 juta Euro.

“Resmi, dikonfirmasi. Joselu bergabung dengan Real Madrid dengan status pinjaman dari Espanyol dengan biaya €500k. Klausul opsi beli €1,5 juta tidak wajib juga dimasukkan ke dalam kontrak,” tulis Romano dari akun Twitter-nya, Senin WIB.

Pada musim lalu, Joselu bermain untuk Espanyol. Bersama klub Catalan itu, ia tampil 38 kali dengan torehan 17 gol.

Joselu merupakan pemain berpengalaman. Selama kariernya, pesepak bola kelahiran 27 Maret 1990 itu telah berkiprah di tiga liga teratas dunia yaitu Liga Jerman (22 gol), Liga Spanyol (58 gol), dan Liga Inggris (10 gol).

Adapun, striker yang akan menjadi pengganti Karim Benzema setelah pindah ke klub Arab Saudi Al-Ittihad itu akan diperkenalkan sebagai pemain baru Madrid pada Selasa (20/6) pukul 11.00 waktu setempat.

Baca juga: Jude Bellingham ungkap alasan gabung Real Madrid karena dua hal

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023