Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Prabowo Mania 08 Immanuel Ebenezer menyakini Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan melanjutkan program-program pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) demi kemajuan Indonesia.

"Pak Jokowi punya misi panjang dan sebagai sahabat, pasti akan dilanjutkan Pak Prabowo untuk Indonesia lebih baik dan demi kemajuan Indonesia yang adil dan sejahtera," ujar Noel, sapaan akrab Immanuel Ebenezer, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Hashim mengatakan bahwa Prabowo adalah sosok yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan dan program Presiden Jokowi karena mempunyai program pembangunan yang sama dengan program Presiden Jokowi.

"Banyak program Pak Jokowi saya lihat itu ada di dalam program Pak Prabowo," ujar dia.

Hashim lalu menyebutkan program-program tersebut, antara lain, program infrastruktur seperti pembangunan jalan tol seperti Tol Trans-Sumatera yang menghubungkan Banda Aceh-Bandar Lampung, pembangunan pelabuhan, pembangunan bandar udara, dan perpindahan ibu kota negara.

Berikutnya, Noel menyinggung mengenai sikap bangsa Indonesia dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024.

Ia mengatakan, sebagaimana pesan Prabowo, segenap masyarakat Indonesia harus menyambut dan menghadapi Pilpres 2024 dengan riang gembira, tidak menyebar berita bohong, dan saling menghargai.

"Pada tahun 2024, sebagai bangsa, kita akan menggelar pertandingan yang tidak kalah penting, yaitu pilpres. Pertandingan persahabatan antara Mas Ganjar (bakal capres dari PDI Perjuangan) dan Pak Prabowo dan keduanya sahabat Jokowi. Pesan Pak Prabowo, menghadapi 2024 harus riang gembira, tidak boleh menyebar hoaks dan saling menghargai satu sama lain," kata Noel.

Hal tersebut dia sampaikan dalam acara nonton bareng FIFA Matchday antara timnas Indonesia dan Argentina. Acara nonton bareng yang digagas oleh Prabowo Mania 08 itu dilaksanakan di Latar Ombo, Taman Balekambang, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/6) malam.

Dalam kesempatan itu, Noel juga mengapresiasi antusiasme masyarakat Solo dalam mengikuti acara nonton bareng tersebut.

"Saya sangat terkejut dan bangga atas semangat dan antusiasme warga Solo terhadap acara nonton bareng pertandingan sepak bola antara Indonesia dan Argentina. Saya memberikan apresiasi kepada warga kota Solo. Luar biasa," kata Noel.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan mulai 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Relawan Jokowi Mania bertransformasi jadi Prabowo Mania 08
Baca juga: JoMan dukung Prabowo setelah Ganjar batal maju capres

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023