Sapinya sudah ada di Bone. Sapi Presiden ini akan dipotong di Masjid Jami Al Hikmah
Makassar (ANTARA) - Sapi kurban milik Presiden Jokowi untuk Provinsi Sulawesi Selatan rencananya akan disembelih di Kabupaten Bone, tepatnya di Masjid Jami' Al Hikmah Kecamatan Ponre, Desa Mappesangka pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Sapinya sudah ada di Bone. Sapi Presiden ini akan dipotong di Masjid Jami Al Hikmah," kata Kepala Dinas Peternakan Sulsel Nurlina Saking pada konferensi pers di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa.

Ia menyebut tim Dinas Peternakan Sulsel bersama tim Balai Besar Veteriner Maros telah melakukan cek kesehatan terhadap sapi milik Presiden dan dipastikan dalam kondisi sehat.

Terkait lokasi pemotongan hewan qurban milik Jokowi, Nurlina menyebut bahwa sapi itu berasal dari Bone sehingga pemotongannya pun dilakukan di daerah asal. Alasannya, untuk memitigasi risiko penyakit hewan dalam perjalanan.

"Sehingga kita cari lokasi yang lebih dekat dan itu di Bone, ini memenuhi syarat sesuai juknis yang ditetapkan sekretariat Presiden," kata dia.

Sapi kurban Presiden ini merupakan jenis sapi limousin yang beratnya mencapai 1,2 ton dengan harga mencapai Rp95 juta.

Sapi limousin adalah sapi yang pertama kali dikembangkan di Prancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi potong, memiliki bulu berwarna coklat tua kecuali di sekitar ambing berwarna putih serta lutut ke bawah dan sekitar mata berwarna lebih muda.

Menjelang Idul Adha 1444 Hijriah, Pemprov Sulsel juga telah melepas 65 petugas kesehatan hewan yang akan mengawal pemeriksaan hewan qurban di berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan agar hewan qurban ini aman, halal, sehat dan bermutu sesuai syariat Islam.

Baca juga: Sapi kurban milik Presiden Jokowi di Selayar Sulsel berbobot 1.006 kg

Baca juga: Gubernur Sulbar pantau sapi bantuan Presiden Jokowi

Baca juga: Presiden sumbang sapi kurban berbobot 840 kg untuk Jambi

Baca juga: Sultra dapat satu ekor sapi kurban dari Presiden

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023