Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Habil Marathi membeberkan rangkaian uji coba bagi tim nasional Indonesia sepanjang tahun 2013.

"Bulan Maret ini kami akan mendatangkan Mali, juara tiga piala Afrika 2013," katanya dalam sebuah konferensi pers di kantornya di Istora Senayan Jakarta, Jumat.

Pada April, salah satu negara Amerika Selatan, Kolombia, juga diharapkan akan melakoni laga persahabatan melawan tim nasional asuhan pelatih anyar asal Argentina, Luis Manuel Blanco.

Selanjutnya pada Mei, Indonesia akan menjajal kekuatan salah satu raksasa sepak bola Asia, Korea Selatan.

Kemudian digelar laga persahabatan melawan dua negara langganan Piala Dunia yaitu Paraguay dan Meksiko pada Agustus dan Oktober.

Ia juga sempat menyebutkan rencana untuk mendatangkan tim nasional dari Argentina pada November mendatang.

Ia menyebut bahwa BTN akan mendatangkan skuad Argentina, dengan menyertakan pemain terbaik dunia tahun 2012 versi FIFA, Lionel Messi.

"Masih diupayakan untuk Argentina, kami belum sepakat soal harga. Mereka minta 40 juta dolar AS untuk membawa Messi dan kawan-kawan, itu hanya untuk biaya pertandingan saja," ujarnya.

Rangkaian uji coba melawan beberapa negara-negara dengan prestasi sepak bola terkemuka tersebut, menurut dia, untuk meningkatkan kualitas laga persahabatan serta pengalaman yang didapatkan para pemain tim nasional.

Lebih lanjut, Blanco mengatakan laga uji coba sepantasnya tidak lagi melawan tim-tim lokal.

"Saya sudah berjanji timnas tidak akan lagi melakukan uji coba melawan tim-tim lokal. Menang melawan tim lokal bukan ukuran sebuah timnas. Kita harus bertanding melawan Meksiko, Paraguay, Jepang dan sebagainya," kata Blanco yang juga hadir dalam konferensi pers tersebut.

Ia juga mengatakan dirinya akan mencanangkan penanaman disiplin kepada para pemain yang nanti berlaga di bawah asuhannya.

"Saya akan membuat sebuah sistem dengan tingkat disiplin tinggi, karena segala cermin disiplin yang dilakukan seorang pemain di luar lapangan pada akhirnya akan ia bawa ke dalam pertandingan," katanya.

Blanco yang ditunjuk oleh Ketua Umum PSSI Djohar Arifin untuk menangani tim nasional sejak 7 Februari tersebut akan menangani beberapa pemain yang dipanggil BTN.

Mantan pelatih Timnas China U-20 tersebut bahkan langsung dikontrak selama dua tahun untuk menukangi dua timnas sekaligus yaitu Timnas Senior dan Timnas U-23.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013