Semua bibit itu diberikan oleh Kementan agar bisa didistribusikan merata di berbagai desa
Makassar (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) membangun Kampung Hortikultura di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dengan memberikan ribuan bibit ke pemerintah setempat agar bibit disebar merata di beberapa desa.

Kabid Hortikultura Luwu Utara Djalaluddin Dalami melalui keterangan yang diterima di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa, menyebutkan ada 12.000 bibit jeruk dan 3.000 bibit durian yang tersebar di beberapa desa.

"Semua bibit itu diberikan oleh Kementan agar bisa didistribusikan merata di berbagai desa," ujarnya.

Djalaluddin mengatakan pemberian bibit itu juga disertai sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti pupuk cair dan pupuk anorganik, untuk memudahkan para penerima bantuan yang yang tergabung dalam kelompok tani (poktan).

Direktorat Jenderal (Ditjen) Hortikultura Kementan, lanjutnya, punya target cukup tinggi dalam meningkatkan produksi pangan dan hortikultura. Apalagi Luwu Utara dinilai salah satu kabupaten yang paling cocok untuk pengembangan hortikultura. Karena itu Kementan melalui Dinas Pertanian membangun kawasan cabai rawit seluas 20 hektare  di  Desa Kanandede dan Desa Komba, Kecamatan Rongkong.

Baca juga: Kementan bangun 2.358 kampung hortikultura pada 2022

“Ini bagian dari strategi pemerintah dalam upaya pengembangan Kampung Hortikultura," ucapnya.

Untuk itu ia berharap bantuan Kementan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua kelompok tani, sehingga ketersediaan buah jeruk dan durian dapat terjaga, termasuk ketersediaan komoditas strategis seperti cabai rawit.

“Kita harap program utama Ditjen Hortikultura Kementan di tahun 2023 ini dapat berlangsung dengan baik, sehingga masyarakat sebagai penerima manfaat dari program ini betul-betul merasakan dampaknya, utamanya dalam peningkatan kesejahteraan mereka,” Kata Djalaluddin.

Adapun distribusi 12 ribu bibit jeruk itu tersebar di Desa Salekoe Kecamatan Malangke (Poktan Mekar Bahari) dengan 4.000 bibit pohon. Kemudian Desa Takkalala Kecamatan Malangke (Poktan Warna Pelangi) menerima 4.000 bibit pohon, Desa Pombakka Kecamatan Malbar (Poktan Sipatuo Sipatokkong) juga dapat 4.000 bibit pohon.

Untuk kawasan buah durian sebanyak 3.000 bibit pohon didistribusikan di Desa Tulak Tallu Kecamatan Sabbang (Poktan Karya Sehati) sebanyak 1.000 bibit pohon, di Desa Malimbu Kecamatan Sabbang (Poktan Bukit Coklat) 1.000 bibit pohon dan Desa Malimbu Kecamatan Sabbang (Poktan Tampang Bua) 1.000 bibit pohon.

Baca juga: Mentan dorong pengembangan pertanian terpadu kawasan hortikultura
Baca juga: Tabalong kembangkan 10 kampung hortikultura jadi penyangga IKN


 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023