longsor sepanjang 100 meter menutup badan jalan
Mamuju (ANTARA) - Jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan antara ibu kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menuju Kabupaten Majene tertutup longsor di Desa Botteng.

"Jalur Trans Sulawesi dari Mamuju menuju Majene, tertutup longsor di wilayah jembatan Bolong Desa Botteng Kecamatan Simboro yang berbatasan dengan Desa Takandeang Kecamatan Tapalang," kata Ardi salah seorang warga di Mamuju, Selasa (20/6).

Ia mengatakan, jalur Trans Sulawesi yang tertutup longsor akibat hujan deras yang melanda wilayah tersebut, mengakibatkan kendaraan tertahan dan tidak bisa melintas.

Antrean kendaraan terjadi, baik dari arah Kota Mamuju yang berada di sebelah utara maupun dari Kabupaten Majene dari sebelah selatan.

"Longsor sepanjang 100 meter menutup badan jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melintas," katanya.

Baca juga: Jalur Majene yang tertimbun longsor sudah dapat dilalui
Baca juga: Polda Sulbar kerahkan alat berat bersihkan material longsor di Majene


Ia mengatakan, sejumlah alat berat milik pemerintah sudah berada di lokasi untuk menyingkirkan material longsor yang menutup badan jalan.

"Kami sebelumnya akan menuju Kota Majene melalui jalur Trans Sulawesi, namun karena jalur  tertutup longsor, maka kami menunda keberangkatan," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulbar, Ridwan, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional untuk menyingkirkan material longsor yang menutup jalan.

"Balai jalan nasional telah diminta Pemerintah Sulbar, untuk menyingkirkan material longsor agar jalan kembali dapat dilalui masyarakat dan arus lalu lintas Trans Sulawesi kembali lancar," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR buka jalan Trans Sulawesi Majene-Mamuju pascalongsor
Baca juga: Polda Sulbar imbau warga tunda lewati trans Sulawesi karena longsor

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023