Jakarta (ANTARA) - N'Golo Kante resmi mengakhiri tujuh tahun kariernya bersama Chelsea dan bergabung dengan klub Arab Saudi Al-Ittihad berstatus bebas transfer.

Gelandang asal Prancis itu dikontrak Al-Ittihad selama tiga tahun dan akan bergabung dengan rekan senegaranya, Karim Benzema yang sudah lebih dahulu bergabung awal bulan ini dari Real Madrid.

"Jangan percaya pada berita palsu. Kante adalah pemain Ittihad sekarang," tulis klub itu dalam pesan video di Twitter pada Rabu.

"Kante menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun di klub," kata klub tersebut tanpa menyebutkan nilai kontrak sang pemain.

Media Inggris melaporkan bahwa pemain berusia 32 tahun itu akan menerima gaji sekitar 86 juta euro (1,4 triliun rupiah) setahun.

"Kedatangan Kante ke Al-Ittihad yang dianggap sebagai salah satu transfer paling berdampak bagi sejarah klub. Ini bagian dari upaya klub agar menjadi tujuan pertama bagi pemain kelas dunia di Liga Profesional Arab Saudi."

Baca juga: Liverpool resmi umumkan Mac Allister sebagai pemain baru

Sedangkan Benzema meninggalkan Real Madrid setelah 14 tahun bermain di klub Spanyol itu. Dia menandatangani kontrak dua tahun dengan juara Arab Saudi itu dalam kesepakatan yang dilaporkan bernilai lebih dari 100 juta euro (1,6 triliun rupiah) setahun.

Kante telah menjadi andalan di Chelsea semenjak bergabung dari Leicester pada 2016.  Dia berperan memenangi Liga Champions, Liga Premier Inggris, Liga Europa dan Piala FA selama waktunya bersama klub asal London itu.

Musim terakhir Kante di Stamford Bridge lebih sering diganggu oleh cedera, dia absen dalam 38 pertandingan di semua kompetisi dengan Chelsea yang finis di urutan ke-12 di liga Inggris musim ini.

Liga Arab Saudi saat ini telah dikaitkan dengan kepindahan beberapa pemain top Eropa dalam beberapa pekan terakhir. Penyerang Chelsea, Pierre Emerick-Aubameyang dikabarkan akan segera menyusul Kante untuk bermain di liga Arab Saudi.

Baca juga: Pep Guardiola dikabarkan targetkan tiga transfer pemain baru

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023