Beijing (ANTARA) - Otoritas kesehatan China mengungkapkan sebuah rencana aksi tiga tahun untuk memenuhi kebutuhan layanan keperawatan masyarakat dengan cara yang lebih baik.

Menurut rencana yang dikeluarkan oleh Komisi Kesehatan Nasional China dan Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China itu, lembaga-lembaga kesehatan harus melipatgandakan upaya mereka dalam mempekerjakan perawat pada jumlah yang cukup, terutama bagi mereka yang menduduki posisi keperawatan klinis.

Menurut rencana itu, harus ada setidaknya satu perawat klinis untuk setiap dua pasien rawat inap di rumah sakit sekunder dan tersier negara itu.

Rencana itu juga menyebutkan, lembaga-lembaga medis didorong agar mengirimkan perawat yang memenuhi syarat demi memberikan perawatan profesional di tempat bagi pasien yang telah diizinkan pulang, perawatan akhir hayat, dan perawatan untuk warga lanjut usia dengan keterbatasan gerak.

Dalam rencana itu terungkap bahwa  China akan memfasilitasi sektor swasta dalam mendirikan pusat-pusat keperawatan berbasis komunitas, serta mendukung pusat pelayanan kesehatan masyarakat agar  menyediakan pelayanan keperawatan lansia guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023