Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook menarasikan adanya aplikasi untuk pencairan dana bantuan sosial dari pemerintah.

Dalam unggahan tersebut, langsung bertaut ke link sebuah website yang terdapat panduan dan tautan untuk lansung mengunduh aplikasi yang dimaksud.

Selain itu, dijelaskan juga aplikasi tersebut hanya perlu memasukan data diri seperti nomor KTP, nama lengkap dan lain sebagainya. Unggahan tersebut dikomentari dan disukai lebih dari 1000 pengguna lainnya.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“BANSOS 2023 SUDAH CAIR

APLIKASI PENCAIRAN DATA PENERIMA BANSOS

SEGERA DAFTARKAN NAMA ANDA SEBELUM TERLAMBAT, GRATISSSS!”

Namun, benarkah tautan tersebut merupakan aplikasi pencairan dana bantuan sosial?

 

Unggahan hoaks tautan mengisi data diri di aplikasi pencairan bansos. Faktanya, aplikasi resmi bansos Kemensos sampai saat ini hanya dapat melihat mengecek data penerima bansos bukan mencairkan bansos. (Facebook)
Penjelasan:

Kepala Biro Humas Kementerian Sosial (Kemensos) Hasim menegaskan, pengecekan daftar penerima bansos hanya dilakukan melalui situs resmi. 

"Informasi yang resmi dapat dilihat di website resmi Kementerian Sosial dan terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS," kata Hasim, dilansir dari Kompas.

Selain itu, Aplikasi Cek Bansos yang secara resmi dikembangkan Kemensos sampai saat ini hanya dapat melihat mengecek data penerima bansos. Sampai saat ini, bansos dari pemerintah sejauh ini disalurkan langsung kepada penerima bantuan. Masyarakat juga bisa mengetahui informasi terkait bansos melalui website cekbansos.kemensos.go.id atau media sosial resmi Kemensos.

Klaim: Aplikasi pencairan dana bantuan sosial

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Pencairan BLT Ramadhan 2023

Cek fakta: Hoaks! Pemerintah salurkan bansos melalui laman dana.bansosid.com

Baca juga: Mensos targetkan kemiskinan ekstrem tuntas pada 2024

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023