Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi melepas jemaah calon haji Indonesia undangan Raja Salman pada Rabu.

"Ada sekitar 50 orang dari Indonesia yang mendapat undangan haji dari Raja Arab Saudi Salman tahun ini," kata Dubes pada acara pelepasan jemaah calon haji di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, para jemaah calon haji tersebut akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Rabu sore. "Saya mengimbau agar para calon jemaah benar-benar mematuhi instruksi dari otoritas kerajaan Arab Saudi," kata dia.

Terkait dengan kriteria penerima undangan haji dari Raja Salman, kata Amodi, hal itu akan dikoordinasikan dengan otoritas terkait di Arab Saudi. "Tentunya seluruh lapisan masyarakat bisa saja menyampaikan atau meminta undangan seperti ini," ucap Dubes.

Kerajaan Arab Saudi telah memanfaatkan potensi dan semua kemampuan finansial serta sumber daya yang dimilikinya untuk memfasilitasi dan melayani para tamu Allah dari seluruh dunia sejak kedatangan hingga kembali ke tanah air mereka.

Amodi berharap seluruh jemaah dapat menjalankan ibadah haji dengan baik. "Saya mendoakan agar Allah menerima ibadah haji para jemaah dan mereka menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Jakarta, Bukhori mengatakan bahwa ada dua orang dari pihak Istiqlal yang menerima undangan haji dari Raja Salman, yakni Imam besar Nazaruddin Umar dan dirinya sendiri.

"Sangat senang sekali dan tak menyangka akan berangkat haji dalam waktu sekitar dua pekan. Keluarga, tetangga dan kawan-kawan juga merasa surprise, karena tiba-tiba berangkat. Kan ada yang menunggu sampai 30 tahun, " katanya.

Menurut Bukhori, rombongannya akan kembali ke Tanah Air pada 7 Juli mendatang. Dia juga berterima kasih kepada Raja Salman dan Kedubes Arab Saudi di Jakarta dan semua pihak atas undangan tersebut dan mendoakan agar Kerajaan Arab Saudi semakin makmur dan aman.

Baca juga: Menag: Jamaah haji Indonesia dapatkan kemudahan dari Arab Saudi
Baca juga: Menag tiba di Arab Saudi untuk mengecek persiapan Armuzna
Baca juga: Dua calon haji NTB meninggal di Arab Saudi

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023