Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyinggung kesamaan tanggal lahir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dengan tanggal wafatnya Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada 21 Juni 2023.

"Kelahiran Pak Jokowi pada tanggal wafatnya Bung Karno sama-sama tanggal 21 Juni, seakan-akan memberikan isyarat bahwa Pak Jokowi, seorang presiden yang mendapat amanah spiritual untuk melanjutkan kepemimpinan Bung Karno," ujar Basarah dalam Haul Ke-53 Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Dia berharap ke depan sosok Presiden kedelapan RI mendapat dukungan spiritual yang sama dalam memimpin bangsa ke depan.

"Mudah-mudahan Presiden RI kedelapan adalah bagian dari lanjutan amanah spiritual presiden-presiden kita sebelumnya,” kata Basarah.

Ia mengajak masyarakat untuk turut mendoakan agar Tuhan memberkahi Jokowi panjang umur, kesehatan, memiliki kekuatan, dan kesadaran untuk memimpin bangsa.

“Utamanya terus bersama-sama kita semua, wabil khusus jamaah di Masjid At-Taufiq atau Masjid Taufik Kiemas ini. Amin," kata Basarah.

Baca juga: Ketum Bamusi sebut Bung Karno pemimpin nasionalis dan religius
Baca juga: PDI Perjuangan gelar doa bersama Haul ke-52 Bung Karno


Basarah menyebut sosok Bung Karno secara fisik memang telah meninggalkan dunia 53 tahun lalu.

Namun, kata Wakil Ketua MPR RI itu, jasa Bung Karno terhadap Indonesia tetap dikenang, termasuk pemikiran Presiden pertama RI yang terus diulas seluruh pihak.

"Bung Karno adalah tokoh legendaris yang tidak lekang sejarah. 53 tahun lalu beliau wafat, tetapi namanya terus dibicarakan hingga hari ini,” ujarnya.

Basarah menuturkan telah banyak ilmuwan sejarah maupun akademisi yang mengulang dan menulis buku-buku sejarah tentang Bung Karno.

Dia mencontohkan soal pemikiran Bung Karno yang tidak lekang waktu, seperti ditetapkannya pidato pria kelahiran Jawa Timur itu sebagai dokumen sejarah oleh UNESCO.

"Beberapa hari lampau, UNESCO lembaga di bawah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa, red.), telah menetapkan Pidato Bung Karno yang sangat modernitas di depan Sidang PBB pada 31 Oktober 1960 telah ditetapkan sebagai dokumen sejarah. Dunia begitu mengagumi Bung Karno dan pemikiran Bung Karno,” kata Basarah.

Adapun, sejumlah tokoh hadir dalam Haul Ke-53 Bung Karno adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga Ketua Baitul Muslimin Hamka Haq.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023