Makassar (ANTARA) - Sebanyak dua ribu lebih peserta memadati Unhas Career Expo hari pertama yang berlangsung di JK Arenatorium Unhas, Makassar, Rabu.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof  drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpM(K), dalam sambutannya menyampaikan Unhas rutin menyelenggarakan pameran karir atau Unhas Career Expo dua kali dalam setahun.

Prof. Ruslin berharap ke depan Unhas bisa menambah kuantitas pelaksanaan career expo. Dirinya pun berharap kegiatan ini bisa memberi manfaat seluas-luasnya kepada pencari kerja khususnya alumni Unhas.

“Terima kasih kepada seluruh perusahaan dan mitra Unhas yang telah memberikan kesempatan lulusan kita dalam menyerap tenaga kerja,” ujar Prof. Ruslin yang didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Nielma Palamba.

Baca juga: Unhas siapkan Jalur Non Subsidi bagi peserta belum lolos SNBT

Baca juga: BRIN-FKM Unhas bahas peluang kerja sama penelitian


Dia menambahkan bahwa saat ini Unhas mencoba melakukan penyetaraan kurikulum pendidikan untuk selaras dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Di kurikulum baru tersebut, Unhas menyediakan kesempatan dua semester kepada mahasiswa untuk magang sehingga dapat lebih dini beradaptasi dengan dunia kerja.

Sementara itu, ketua panitia yang juga Kasubdit Penyiapan Karir Unhas, Sahriyanti Saad mengatakan kegiatan ini untuk memfasilitasi lulusan baru Unhas untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan sekaligus proses melamar.

“Pada penyelenggaraan hari pertama ada lebih dari dua ribu pengunjung yang terdiri dari 70.3 persen alumni dan 16,1 persen mahasiswa,” kata Sahriyanti Saad soal profil pengunjung Unhas Career Expo yang digelar dua hari yakni 21-22 Juni 2023 ini.

Unhas Career Expo 2023 ini menghadirkan 26 perusahaan dari berbagai latar belakang, mulai dari BUMN, perusahaan multinasional, industri pertambangan, finance, hingga startup.

Selain itu, turut hadir lembaga penyedia beasiswa, yaitu Mata Garuda LPDP, Aminef, Kedutaan Besar Malaysia, dan Konjen Jepang. Hadir pula pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja atau AK1 oleh Dinas Ketenagakerjaan Makassar.*

Baca juga: Mahasiswa Unhas sabet perak ajang ONMIPA Kemendikbudristek di ITB

Baca juga: Budaya maritim dikenalkan Unhas pada peserta ICP 22 negara

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023