Jakarta (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mendirikan pos kesehatan utama dan sejumlah pos satelit jelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).  

"Di Arafah didirikan satu pos kesehatan (Poskes) utama dan enam Poskes satelit yang ditempatkan menyebar di dekat tenda-tenda jamaah," ujar Juru Bicara PPIH Pusat Akmad Fauzin di Jakarta, Kamis.  

Fauzin mengatakan pos kesehatan didirikan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina untuk lebih dapat mendekatkan akses jamaah calon haji kepada pelayanan kesehatan.

Menurutnya, Poskes utama di Arafah tersedia sekitar 30 kasur perawatan dan fasilitas pemulihan jika terjadi heatstroke. Sementara pos kesehatan satelit untuk penanganan pertama dan sifatnya sementara.  

"Jika membutuhkan perawatan kesehatan lebih lanjut, jamaah dapat dikirim ke pos kesehatan utama Arafah, Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah, atau Rumah Sakit Arab Saudi," kata dia.  

Setelah melaksanakan wukuf di Arafah, kata Fauzin, para peserta ibadah haji akan bermalam di Muzdalifah. Di Muzdalifah, didirikan pos kesehatan sebanyak 11 unit yang dioperasikan oleh tim kesehatan dari KKHI Mekkah.

Operasional pos kesehatan ini hanya semalam, sementara tim kesehatan Mekkah akan kembali ke KKHI Mekkah.

"Tim kesehatan Mekkah ini selanjutnya disiagakan untuk menangani kasus rujukan dari Poskes Mina. Untuk pelayanan kesehatan jamaah selama di Mina, PPIH mendirikan pos kesehatan utama yang dioperasionalkan oleh tenaga kesehatan KKHI Madinah," kata dia.

Di sisi lain, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga 21 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, jamaah gelombang II yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 93.364 orang atau 243 kelompok terbang.

"Total kedatangan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 197.667 orang atau 516 kelompok terbang. Total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 109 orang," katanya.

Baca juga: PPIH: Ini alur pergerakan jamaah Indonesia saat puncak haji

Baca juga: Jalan menuju Masjidil Haram semakin padat menjelang puncak haji

Baca juga: Irjen Kemenag ingatkan petugas siap melayani jamaah saat puncak haji


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023