"Saya harus menyatakan kepada saudara-saudara, wilayah satu-satunya yang memiliki target meningkatkan elektoral dan perolehan kursi dua kali lipat dari apa yang dicapai hasil Pemilu 2019, hanya Provinsi Sulawesi Selatan,"
Makassar (ANTARA) - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan optimistis perolehan suara pada Pemilu 2024 di pulau Sulawesi dengan capaian maksimal melebihi dari Pemilu 2019 lalu.

"Saya harus menyatakan kepada saudara-saudara, wilayah satu-satunya yang memiliki target meningkatkan elektoral dan perolehan kursi dua kali lipat dari apa yang dicapai hasil Pemilu 2019, hanya Provinsi Sulawesi Selatan," papar Paloh saat membuka orientasi dan Bimtek Bakal Caleg di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Menurutnya, apa yang disampaikan Ketua DPW Sulsel Rusdi Masse Mappasessu dalam laporannya menargetkan sebagai pemenang di wilayah Sulsel, tentu itu hal luar biasa dan patut diapresiasi dan ditiru oleh provinsi lain di Pulau Sulawesi untuk mendapatkan perolehan suara maksimal.

"Sebagai gambaran khususnya di seluruh wilayah provinsi Sulawesi, ada enam provinsi. Kita boleh menargetkan keluar sebagai partai pemenang sedikitnya di lima provinsi dari enam provinsi di Sulawesi, bukan hanya di Sulsel yang ingin tampil sebagai pemenang," tuturnya menekankan.

Untuk perolehan kursi DPR RI pada Pemilu 2024 di Sulsel ditargetkan delapan kursi dari sebelumnya memperoleh empat kursi pada Pemilu 2019. Selanjutnya, sebut Paloh, di Sulawesi Tenggara dari enam kursi diperebutkan DPR RI, ditargetkan bisa dua perolehan kursi dan menambah kursi DPRD sehingga menjadi partai pemenang di Sultra.

Begitu pula target kursi DPR RI di Provinsi Sulawesi Tengah dengan perolehan tiga kursi, kemudian Provinsi Gorontalo empat kursi dan Sulawesi Barat menyusul.

"Ini merupakan benteng kekuatan utama dari wilayah timur, bersama Pulau Sumatera, wilayah Kalimantan dan Papua beserta NTT dan NTB akan menjadi kekuatan utama pendukung Partai NasDem," ucap politisi senior ini.
 
Suasana saat Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu menyampaikan laporan dalam kegiatan orientasi dan bimtek bakal calon legislatif di hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/6/2023). ANTARA/Darwin Fatir.


Ia mendorong seluruh kader maupun bakal caleg meningkatkan semangat dan profesionalisme yang dimiliki serta mampu menawarkan kemampuan, ide, gagasan yang bisa diwujudkan, memberikan ruang dan sumbangsih kepada masyarakat.

Ketua DPW Partai NasDem Sulsel Rusdi Masse dalam laporannya menyampaikan, pihaknya terus bergerak sampai ke seluruh lapisan masyarakat agar target Pemilu 2024 bisa tercapai sebagai pemenang.

"Target kami tidak muluk-muluk. Untuk DPR RI delapan kursi siap dari empat kursi, dan untuk DPRD Provinsi dua kali lipat, dari delapan kursi menjadi 24 kursi. Dan untuk 24 kabupaten kota, hanya ada empat kabupaten tidak memiliki pimpinan. Kami yakin 2024 semua daerah memiliki pimpinan di DPRD," paparnya menjelaskan.

Kegiatan orientasi dan Bimtek tersebut diikuti seluruh bakal caleg di Sulsel serta dihadiri anggota legislatif di sejumlah wilayah provinsi di pulau sulawesi yang berlangsung tiga hari mulai 22-24 Juni 2023.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023