...kami melakukan visitasi guna mendapatkan dukungan fasilitas akses internet di Desa Perikanan Cerdas
Ambon (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Maluku, diminta untuk memfasilitasi akses internet gratis di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, yang ditetapkan sebagai Desa Perikanan Cerdas.

Desa Poka ditetapkan sebagai Desa Perikanan Cerdas yang diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait rencana pembangunan Desa Perikanan Cerdas di Kota Ambon.

"Menindaklanjuti MoU yang telah diteken antara Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) dan Pemkot Ambon, kami melakukan visitasi guna mendapatkan dukungan fasilitas akses internet di Desa Perikanan Cerdas," kata Ketua Pokja Penyuluhan Balai Pelatihan Penyuluhan Perikanan (BP3) Ina Sopahelawakan di Ambon, Kamis.

Baca juga: KKP kembangkan Desa Sumberdodol Magetan sebagai desa perikanan cerdas

Ia mengatakan, melalui koordinasi dengan Diskominfo Kota Ambon mengimplementasikan MoU Desa Perikanan Cerdas di Kota Ambon.

"Kami berharap tahun ini mendapatkan dukungan dari Diskominfo akses internet gratis berupa titik WiFi di Desa Poka, khususnya di lokus pengembangan perikanan dan wisata," katanya.

Sementara itu perwakilan Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan, Risnafiah mengungkapkan, kunjungan yang dilakukan untuk menginisiasi kerja sama, koordinasi, serta kolaborasi mewujudkan Desa Perikanan Cerdas.

"Kami harapkan di tahun ini bukan saja sebatas koordinasi tetapi sudah ada aplikasi teknis, apakah berupa ruang publik dengan akses internet gratis di Desa Poka, atau mungkin aplikasi pemasaran produk perikanan atau mungkin untuk aplikasi sarana produksi melalui internet," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kominfo Kota Ambo, Ronald Lekransy menyatakan, Pemkot Ambon terus berbenah melakukan transformasi digital dalam upaya optimalisasi pelayanan publik, menopang program kebijakan prioritas Penjabat Wali Kota Ambon tahun 2023 – 2024 melalui upaya inovasi dan digitalisasi pelayanan.

Upaya tersebut telah dimulai dengan menyiapkan infrastruktur jaringan (fiber optik) secara merata hingga tingkat desa/negeri.

Baca juga: KKP komitmen hadirkan ekonomi biru di sektor kelautan dan perikanan

Pemkot katanya, juga menyediakan Wi-Fi gratis, kemudahan perijinan, pemberian rasa aman, sistem pengaduan terintegrasi (Omni Channel), kemudahan memperoleh perijinan melalui OSS maupun SIMANTAP, serta Ambon Satu Akses (ASA).

"Fasilitas tersebut diharapkan dapat membantu upaya digitalisasi pasar, modernisasi pasar yang efektif dan efisien, serta peningkatan layanan , dan upaya pelayanan publik lainnya yang terintegrasi," katanya.

Ronald menambahkan, visitasi ini menjadi sarana tukar informasi untuk memperkaya khazanah berpikir Dinas Kominfo Kota Ambon untuk membangun konsep strategis dalam menopang Desa Perikanan Cerdas yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023