Saya percaya bahwa komunitas global perlu bertindak dan bekerja sama untuk meningkatkan prospek ekonomi global.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendorong adanya kerja sama dari komunitas global demi meningkatkan prospek ekonomi di level internasional.

“Saya percaya bahwa komunitas global perlu bertindak dan bekerja sama untuk meningkatkan prospek ekonomi global dan membawa masyarakat pada kondisi yang lebih baik pasca pandemi dan selama konflik geopolitik yang terjadi saat ini,” kata Sri Mulyani dalam keterangan, di Jakarta, Kamis.

Menkeu berpendapat komunitas global perlu bersatu untuk meningkatkan pembiayaan dan dampak pembangunan. Upaya dan pembiayaan perlu ditingkatkan dari semua sumber, baik domestik, internasional, sektor publik, dan swasta.

Terlebih, dunia sedang menghadapi krisis pembangunan. Upaya menuju kemakmuran bersama bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah menjadi lebih menantang sebagai akibat dari pandemi, konflik geopolitik, dan perubahan iklim.

Bendahara Negara itu menjelaskan hal tersebut menyebabkan peningkatan beban utang, inflasi, biaya keuangan, serta ketidakseimbangan ekonomi makro lainnya.

Dengan demikian, tindakan mendesak diperlukan untuk mengatasi meningkatnya krisis kemiskinan dan tekanan ekonomi, serta tantangan global.

“Dengan semua tantangan ini masih di depan kita, saya percaya penting untuk meremajakan dan memperkuat kerja sama multilateral untuk mengatasi masalah global dalam tren fragmentasi geoekonomi dan geopolitik saat ini,” ujar Menkeu.

Sementara itu, Bank Dunia membentuk World Bank Group (WGB) untuk meningkatkan upaya untuk menjangkau masyarakat miskin dan rentan, meningkatkan dampak pembangunan, dan mengatalisasi tindakan global.

Sri Mulyani mendorong anak muda dan pegawai pemerintah maupun swasta untuk menjajaki karier di Bank Dunia melalui WGB. Pasalnya, WGB memerlukan sumber daya manusia yang mumpuni dan mencerminkan keberagaman dari anggota Bank Dunia untuk melayani kebutuhan negara anggota dalam mengatasi masalah pembangunan.

“Memiliki pengalaman bekerja dengan organisasi internasional yang memiliki orang-orang yang beragam dan berkualifikasi tinggi akan memberi Anda wawasan yang lebih luas dan pengalaman yang tak ternilai, dan pada akhirnya, saya harap Anda dapat berkontribusi lebih banyak untuk Indonesia,” kata Sri Mulyani.
Baca juga: Menkeu: Penurunan asumsi pertumbuhan ekonomi mitigasi risiko global
Baca juga: Menkeu dorong anak muda untuk berkarier di Bank Dunia


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023