Medan (ANTARA) - Direktur PT Perkebunan Nusantara II Irwan Perangin-angin mengatakan pihaknya mengembangkan sumber energi baru terbarukan dan memiliki dua unit PLTBG  (Biogas) di Pabrik Kelapa Sawit PM dan KWS yang dioperasikan sejak Januari 2020.

"Sampai saat ini total produksi sejak 2020 telah mencapai 22,05 juta kWh dan telah mereduksi emisi gas rumah kaca (karbon dioksida) sebesar 30.000 ton C02e," ucap Irwan, Kamis, saat berbicara di BUMN Goes to Campus di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

Irwan menyebutkan PTPN II berkomitmen untuk tidak melakukan pembakaran/deforestasi di perkebunan/pemasok sendiri.

Kemudian, PTPN II juga melakukan penilaian dan pemantauan HCV/HCS, mengembangkan rencana keanekaragaman hayati untuk semua proyek dan asset. "PTPN II memantau dan menghitung energi karbon scope 1,2,3, dan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS)," ucapnya.

Baca juga: Indonesia-Korsel sinergi manfaatkan EBT di industri manufaktur

Baca juga: PLN pastikan tak membatasi pemasangan PLTS atap oleh pelanggan


Ia mengatakan PTPN II melakukan penilaian manajemen risiko perubahan iklim/ESG. "Penyusunan target penurunan emisi, dan pemilihan baseline emisi," katanya.

Dirut PTPN II menambahkan kegiatan CSR untuk melestarikan lingkungan seperti penanaman pohon dan dikuantifikasikan pada penyerapan emisi yang tercapai. Kegiatan CSR untuk memberdayakan perempuan atau UMKM untuk mendukung SDGs. Penyelarasan kegiatan TJSL dengan pilar BUMN.

Pihaknya juga memasukkan Prinsip-Prinsip Panduan PBB tentang Bisnis dan Hak Asasi Manusia ke dalam kebijakan operasional PTPN. "Kami berkomitmen untuk tidak ada kasus kecelakaan besar, dan tidak adanya pelecehan," kata Irwan.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) Winarsih Budiriani,melaksanakan kegiatan Srikandi BUMN Goes to Campus di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan berkolaborasi dengan PT Perkebunan Nusantara II.

Pada kegiatan Srikandi BUMN Goes to Campus di USU itu turut hadir Wakil Rektor USU Bidang Pengembangan dan Informasi Prof. Dr Opim Salim Sitompul, dan Direktur SDM dan TI Peruri Gandung Anggoro Murdani.

Pada kesempatan itu Gandung Anggoro Murdani menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan USU sebesar Rp50 juta yang diterima oleh Wakil Rektor USU Bidang Pengembangan dan Informasi Prof Dr Opim Salim Sitompul. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 300 mahasiswa USU dari berbagai jurusan.*

Baca juga: Akademisi: Santunan hari tua PTPN II bukti komitmen transformasi BUMN

Baca juga: Dirut Holding PTPN III (Persero) Kunjungi PTPN II: PTPN II Kejar Target 40 Ribu Ton Gula

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023