Jayapura (ANTARA) - Tim SAR sedang melakukan pencarian terhadap KM Farida Indah yang dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Timika, Papua Tengah ke Asmat, Papua Selatan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M. Randang, Jumat mengatakan, tim SAR saat ini mulai dikerahkan untuk mencari keberadaan KM Farida Indah yang hilang kontak saat menuju Asmat.

Kapal yang bermuatan bahan bangunan dengan delapan anak buah kapal termasuk nakhoda itu berlayar dari Timika sejak Senin (19/6) pukul 09:30 WIT dan dijadwalkan tiba Selasa (20/6) pukul 16:00 WIT.

Namun hingga Kamis (22/6) kapal tersebut belum tiba di Agats, ibu kota Kabupaten Asmat sehingga pemilik kapal melaporkannya ke pos SAR Timika.

Pencarian yang dilaksanakan Jumat (23/6) dilakukan sesuai dengan SARMAP Prediction yang dikirimkan Basarnas Command Center Pusat.

Sebelumnya Kamis (22/6) sesaat setelah mendapat laporan tim SAR gabungan juga sudah diturunkan menggunakan RB 217 Timika.

"Pencarian dilakukan hingga 10 nautical mile dari muara Poumako ke arah Pulau Tiga namun tidak menemukan tanda-tanda keberadaan kapal tersebut, " kata Randang.

Delapan nama-nama ABK KM Farida Indah yaitu Babak (50 th), Andi Suwardi (50 th), Doni (40 th), Abdul (40 th), Ahmad, Undin, Bakri dan Defi.

Baca juga: Tim SAR cari 11 ABK KM Usaha Baru yang hilang di perairan Amar Mimika

Baca juga: Tim SAR Timika cari perahu cepat berpenumpang enam orang yang hilang

Baca juga: Tim SAR gabungan temukan empat karung jasad korban mutilasi di Timika

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023