Jangan takut sama polisi
Jakarta (ANTARA News) - Angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya menembus angka 111.015 kasus pada 2012, berkurang 27 persen dibanding 2011 sebanyak 151.591 kasus.

"Dalam satu jam, ada tiga orang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia Irjen (pol) drs. Pudji Hartanto MM dalam seminar 'Road Safety' yang diselenggarakan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia di Jakarta pada Senin (25/2).

Pertumbuhan sepeda motor yang tinggi memicu tingginya angka kecelakaan sepeda motor, menyusul harga sepeda motor yang terjangkau. Sayangnya, para pengendara tidak memiliki ketrampilan yang cukup dalam mengendarai sepeda motor.

Untuk menekan angka kecelakaan, Kepolisian Lalu Lintas melakukan tiga kebijakan yaitu penyuluhan kepada masyarakat, penjagaan patroli dan pengawasan lalu lintas dan razia.

Uniknya, pengendara akan tertib lalu lintas seperti menggunakan helm karena takut dengan razia polisi, bukan karena faktor keselamatan. Karena itu, pengendara harus lebih disiplin dan tertib dalam pengendara.

"Jangan takut sama polisi tapi takut sama dampak kecelakaaan," katanya.

Hal senada dikatakan dikatakan Kasubdit Promosi dan Kemitraan Kementerian Perhubungan Betsy Ernani.

Betsy mengatakan sebanyak 90 persen pengendara di kota sudah taat menggunakan helm sedangkan 10 persennya masih bandel tidak menggunakan helm, sedangkan hampir 100 persen pengendara di luar kota jarang memakai helm, lantaran kesadaran tertib lalu lintas masih kecil.

"Alasan orang tidai pakai helm takut ketemu polisi, bukan faktor keselamatan," kata Betsy.
(adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013