Kami berkomitmen menumbuhkan pariwisata hijau di Indonesia dan di saat yang sama terus berupaya meningkatkan daya saing pariwisata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis pariwisata menjadi salah satu sektor yang dapat mendongkrak percepatan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia.
 
"Dengan sisa waktu kurang dari 7 tahun, saya optimistis pariwisata dapat memainkan peran yang penting dalam pencapaian 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) bagi masyarakat dunia," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.
 
Oleh karena itu, lanjut dia, Goa Roadmap memiliki peran menumbuhkan komitmen bersama dan mengidentifikasi panduan penting untuk dapat berkontribusi efektif pada misi (SDGs).
 
Indonesia mendukung penuh lima bidang prioritas dalam Goa Roadmap dalam G20 Tourism Ministerial Meeting Presidensi G20 India, di antaranya pariwisata hijau digitalisasi, peningkatan keterampilan UMKM pariwisata, serta pengelolaan destinasi. Hal ini sejalan dengan arahan aksi dari Bali Guidelines dalam Presidensi G20 Indonesia.
 
Sandiaga menyebut Indonesia memiliki berbagai program unggulan yang di antaranya destinasi pariwisata berkelanjutan dan desa wisata, inisiatif penghitungan jejak karbon, serta berbagai aksi hijau seperti pengelolaan air, energi baru terbarukan, serta transportasi hijau.
 
"Kami berkomitmen menumbuhkan pariwisata hijau di Indonesia dan di saat yang sama terus berupaya meningkatkan daya saing pariwisata, dan memberdayakan masyarakat lokal melalui berbagai peningkatan kapasitas dan pelatihan, pendampingan, sertifikasi dan pengawasan, serta pengelolaan dalam model tata kelola kolaboratif," ujarnya.
 
Menparekraf juga ingin memastikan Goa Roadmap dapat berkesinambungan dengan Bali Guidelines. Bahwa kesinambungan dalam membangun prestasi dari Presidensi sebelumnya adalah yang hal terpenting.
 
Menparekraf Sandiaga juga mendorong kesadaran besarnya peran ekonomi kreatif di berbagai sektor, termasuk ekonomi kreatif sebagai pelengkap dari pariwisata.
 
Ia mengungkapkan, Indonesia siap bekerja sama dengan seluruh negara untuk menggalang dukungan pendanaan guna lebih memajukan maksud dan tujuan forum G20.

Baca juga: Sandiaga: Bali Guideline adalah kesepakatan dokumen sangat fundamental
Baca juga: Pertemuan Menteri Pariwisata G20 sepakati "Bali Guidelines"

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023