Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengajak cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra, melakukan shalat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana hitam, dan peci hitam, sedangkan Jan Ethes memakai kaus dan celana panjang berwarna hitam. Presiden Jokowi dan cucunya tiba di tempat ibadah sekitar pukul 11.55 WIB.

Setibanya di sana, Presiden langsung memasuki masjid dan menuju ke saf paling depan. Tampak Presiden dan Jan Ethes duduk berdampingan menunggu azan dan ikamah salat Jumat berkumandang.

Pada kesempatan tersebut, K.H. Soetrisno Hadi yang bertindak sebagai khatib menyampaikan khotbah yang bertema "Refleksi Qurban dalam Teladan Ketaatan dan Taqarrub bagi Keluarga".

Sementara itu, H.M. Salim Ghazali bertindak sebagai imam dalam salat Jumat tersebut.

Usai salat Jumat berjamaah, Presiden Jokowi beserta cucu keluar dari masjid dan kembali menuju ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada pukul 12.40 WIB.
Adapun pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Presiden Joko Widodo akan menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi kepada setiap provinsi di Tanah Air.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa sapi kurban Presiden tersebut akan disalurkan ke 38 provinsi, termasuk provinsi-provinsi baru.

"Bapak Presiden akan memberikan sapi kurban dalam rangka Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023. Kalau tahun lalu itu (disalurkan ke) 34 provinsi, sekarang ditambah dengan provinsi yang baru terbentuk jadi menjadi 38," ujar Heru saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023