Embarkasi Batam bertambah 2 kloter yaitu Kloter 33 dan 34, masih ada jamaah dari kuota tambahan yang diberangkatkan
Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan 476 calon haji dari kuota tambahan menuju ke Mekkah, Arab Saudi, yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter).

"Embarkasi Batam bertambah 2 kloter yaitu Kloter 33 dan 34, masih ada jamaah dari kuota tambahan yang diberangkatkan," kata Kepala Bidang Akomodasi PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Qadar di Batam, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan jadwal keberangkatan, jamaah calon haji Kloter 33 diberangkatkan pada 23 Juni pukul 17.55 WIB dan Kloter 34 pada 23 Juni pukul 21.45 WIB. Mereka diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia menuju Mekkah, Arab Saudi.

Baca juga: 9.281 calon haji Embarkasi Batam sudah diberangkatkan ke Mekkah
Baca juga: JCH Embarkasi Batam tempuh jarak 4 km dari pemondokan-Masjidilharam


Kloter 33, kata dia, memberangkatkan 313 orang terdiri dari jamaah calon haji asal Kepri 27 orang, Kalimantan Barat 87 orang, Riau 309 orang, dan petugas empat orang. Sementara sisanya tergabung dalam Kloter 34.

"Kloter 33 jamaah tertua berasal dari Kota Mempawah, Kalimantan Barat, dengan usia 85 tahun. Jamaah termuda berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, usia 24 tahun," ujar Qadar.

Sebelum adanya penambahan kuota tambahan untuk calon haji, Embarkasi Hang Nadim Batam melayani sebanyak 32 kloter dari Provinsi Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. Namun hanya jamaah dari Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat yang menggunakan fasilitas asrama haji Embarkasi Batam.

Baca juga: Jamaah diimbau fokus ibadah, jangan sibuk belanja di Tanah Suci

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023