Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon di Provinsi Sulawesi Utara memberdayakan kelompok-kelompok tani untuk menyiapkan sekitar 200 ribu tangkai bunga krisan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan festival bunga internasional tahun 2023.

"Jadi perhitungannya seperti ini, diperkirakan untuk satu kendaraan hias membutuhkan sekitar 10 ribu tangkai krisan. Jadi, kalau ada 20 kendaraan hias, berarti kita harus siapkan sebanyak 200 ribu tangkai bunga," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon Karel Lala di Tomohon, Jumat.

"Pemerintah kota melalui kelompok tani yang ada mempersiapkannya," ia menambahkan.

Menurut dia, sebanyak 27 kelompok tani yang membudidayakan bunga akan menyediakan bunga-bunga krisan yang dibutuhkan dalam Tomohon International Flower Festival (TIFF), yang dijadwalkan berlangsung Agustus 2023.

Ia menyampaikan bahwa ada 31 jenis bunga krisan yang dibudidayakan oleh kelompok-kelompok tani di Kota Tomohon.

Setiap kelompok tani, menurut dia, bisa menyediakan rata-rata sekitar 5.000 tangkai krisan dengan harga Rp3.500 per tangkai untuk pasar domestik dan Rp5.000 per tangkai untuk pasar ekspor.

"Produksi tanaman krisan kelompok-kelompok tani sudah mampu memenuhi kebutuhan penyelenggaraan TIFF tahun ini, sehingga tidak menggunakan krisan dari luar," katanya.

Baca juga:
PKT dukung Tomohon jadi sentra industri florikultura
​​​​​​​
Lima negara sahabat berpartisipasi dalam festival bunga Tomohon

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023