Solo (ANTARA) -
Penyembelihan hewan kurban di sebagian masjid di Kota Solo, Jawa Tengah, dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) setempat, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Solo Hidayat Maskur.
 
"Untuk proses penyembelihan sama seperti tahun lalu, sebagian dilakukan di RPH. Ini terutama untuk masjid yang tidak memiliki tempat penyembelihan sendiri," kata Hidayat Maskur di Solo, Jumat.
 
Ia mengatakan salah satu masjid yang melakukan penyembelihan hewan kurban di RPH, yakni Masjid Sheikh Zayed.

Baca juga: MUI Jateng imbau penyembelihan hewan kurban dilakukan di RPH
 
"Termasuk sapi dari Presiden Joko Widodo, kami arahkan ke RPH untuk penyembelihannya," kata dia.
 
Mengenai pembagian daging, menurut dia, dilakukan di lingkungan masjid dan akan diantarkan oleh pengurus. Oleh karena itu, ia mengimbau warga sekitar agar tidak perlu datang ke masjid.
 
"Kami berpesan kepada panitia, nanti daging kurbannya diantarkan sampai ke rumah warga. Jadi, tidak ada antrean," katanya.

Baca juga: Jateng giatkan pelatihan juru sembelih hewan bersertifikat halal
 
Menurut dia, daging yang dibagikan tersebut sebelumnya sudah dikemas di RPH, selanjutnya diangkut menggunakan mobil bak terbuka.
 
"Kemudian dibagikan satu per satu ke penerima daging kurban. Sesuai data yang sudah disiapkan panitia. Gampang saja, tidak ada masalah," katanya.
 
Sementara itu, terkait dengan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo sejauh ini akan diberikan melalui Masjid Sheikh Zayed dan Masjid Agung Surakarta.

Baca juga: Dokter hewan beri tips memilih hewan kurban yang sehat
 
"Kalau Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, saya belum dapat informasi," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023