perlu dua provinsi mengusulkan secara bersama
Banda Aceh (ANTARA) - Pengamat asal Aceh Dr M Adli Abdullah meminta Pemerintah Aceh mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang mengusulkan Pocut Meurah Intan sebagai calon pahlawan nasional asal Aceh.

"Jika dibutuhkan dua provinsi ini mengusulkan bersama-sama pahlawan perempuan yang berjuang di Aceh dan diasingkan serta mangkat di Blora Jawa Tengah," katanya dihubungi di Banda Aceh, Jumat.

Adli menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang akan mengusulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional.

Ganjar juga telah memperbaiki makam pejuang asal Aceh, Pocut Meurah Intan.

Baca juga: HAS Hanandjoedin terus diusulkan jadi pahlawan nasional dari Belitung
Baca juga: Menyelisik pengusulan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional


Adli mengatakan butuh sinergitas antara Pemprov Aceh dan Pemprov Jawa Tengah dalam mengumpulkan arsip dan bukti yang lebih banyak untuk pengusulan Pocut sebagai pahlawan nasional baik di Aceh maupun di Jawa Tengah.

“Saya mendapat info dalam rapat tersebut, Pemprov Jateng yang menghubungi Pemerintah Aceh untuk dukungan materi, Mungkin solusinya perlu dua provinsi mengusulkan secara bersama yakni dari Pemerintah Aceh sebagai tempat lahir dan berjuang Pocut dan Pemprov Jawa Tengah sebagai tempat Pocut menghabiskan masa tua hingga mangkat di Jawa Tengah,” kata Adli.

Adli menjelaskan pada tahun 1980 Gubernur Daerah Istimewa Aceh Prof. A. Madjid Ibrahim mengirim surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Daoed Joesuf terkait keberadaan kuburan Pocut di Blora.

Kemudian pada 1983 Menteri Luar Negeri Moctar Kusumaatmadja, Menteri Dalam Negeri Soepardjo Roestam, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nogroho Notosusanto, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, J.B. Sumarlin, Gubernur Aceh, H. Hadi Thajeb dan Gubernur Jawa Tengah, Muhammad Ismail, membentuk tim penggali data dan sejarah.

“Tim ini bekerja sampai ke perpustakaan nasional Belanda dan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Kemudian tim ini merekomendasikan usulan gelar Pahlawan Nasional Pocut kepada Presiden Soeharto. Setelah itu tidak ada kabar lagi,” jelas Adli.

Baca juga: Pemprov gelar seminar pengusulan H.B Jassin jadi pahlawan
Baca juga: Ridwan Kamil dukung pengusulan Syaichona Kholil jadi Pahlawan Nasional
Baca juga: Pemnag lengkapi data pengusulan Siti Manggopoh jadi pahlawan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023