Saya mendukung pengembangan kawasan wisata bahari dan olahraga paralayang.
Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mendukung pengembangan wisata terintegrasi yang sementara diupayakan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Saya mendukung pengembangan kawasan wisata bahari dan olahraga paralayang. Ini model pariwisata terintegrasi yang tepat dikembangkan pemerintah daerah, seperti yang ada di Kecamatan Monano," kata anggota DPRD Gorontalo Utara Rahmat Rahman, di Gorontalo, Jumat.

Ia mengatakan, sebagai objek wisata baru di kabupaten itu, bahkan di Provinsi Gorontalo, wisata paralayang Monano yang menyajikan keindahan alam dari Bukit Dunu, serta Pantai Monano, tentu dapat menjelma menjadi destinasi wisata baru yang sangat diandalkan.

"Baru dikelola pemerintah desa saja, minat kunjungannya sudah mencapai lebih dari 500 orang setiap akhir pekan. Bagaimana jika intervensi pemerintah daerah dengan membangun infrastruktur ditambah peluang investasi yang dapat masuk lebih besar lagi. Tentu pengembangan pariwisata terintegrasi ini akan menjadi andalan bagi daerah dalam menyumbang sumber penerimaan melalui pendapatan asli daerah (PAD)," kata anggota DPRD berusia muda ini.

Ia mengatakan, DPRD memberi dukungan optimal untuk mewujudkan pengembangan wisata tersebut. "Kita sama sama mempromosikan," katanya lagi.

Menurutnya, keindahan Dunu sebagai Bukit Paralayang yang lokasinya pun menawarkan kenyamanan berkemah dilengkapi pemandangan laut eksotis dan jejeran pulau cantik yang nampak jelas dari atas bukit, layak untuk dikembangkan.

"Kita bangun optimisme mengembangkan dan mempromosikan objek wisata ini. Saya yakin, pariwisata di kabupaten dapat berkembang dan melaju pesat," katanya pula.

Rahmat, anggota Komisi II DPRD ini, ikut menyempatkan waktu mengunjungi Bukit Dunu, menikmati keindahan matahari terbenam.

"Saat menjelang sore, saya menaiki perahu menyusuri tepian pantai. Dan menjelang matahari terbenam saya memilih berada di puncak bukit menikmati suguhan alam yang sangat indah. Saya yakin hal yang sama dapat dinikmati dengan puas oleh para wisatawan," katanya lagi.

Ia berharap, pemerintah daerah tidak ragu mengalokasikan anggaran untuk pengembangan wisata alam terintegrasi di daerah itu.

"Saya yakin nilai jual pariwisata di daerah ini sangat tinggi, karena alam kita memang cantik. Ditunjang orang-orang muda sebagai sumber daya manusia di daerah ini, yang mau bersama-sama membangun pariwisata yang dimiliki," katanya lagi.
Baca juga: Bupati Gorontalo Utara promosikan objek wisata Bukit Dunu Paralayang
Baca juga: Sumenep gaet wisatawan dengan festival paralayang

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023