Jakarta (ANTARA) - Kereta inspeksi (comprehensive inspection train) untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melakukan tes fungsi dan uji coba di Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis (22/6).

Duta Besar (Dubes) Republik Rakyat China untuk Indonesia Lu Kang, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan Ketua Dewan China State Railway Group Co., Ltd. Liu Zhenfang turut menumpangi kereta tersebut, yang sempat mencapai kecepatan 355 km/jam untuk pertama kalinya.

Kecepatan di atas 355 km/jam itu telah mencapai kecepatan maksimal bagi kereta cepat komersial di seluruh dunia dan menjadi tonggak penting bagi proyek KCJB.

Selain menumpang kereta tersebut, Dubes juga meninjau Stasiun Halim, Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar serta pusat pengoperasian KCJB, dengan ditemani sejumlah pejabat dari Indonesia.
 
  


Proyek KCJB merupakan salah satu proyek kerja sama China-Indonesia yang akan memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Bandung dari 3 jam lebih menjadi sekitar 40 menit, dan diperkirakan akan memainkan peran penting dalam mendorong pembangunan ekonomi setempat. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023