Istanbul (ANTARA) - Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS) "mengutuk keras" penyobekan kitab suci Al Quran oleh pemukim Israel ketika mereka merusak masjid di Kota Urif di wilayah pendudukan Tepi Barat.

"Aksi biadab dan tercela ini" merupakan serangan terang-terangan terhadap nilai-nilai suci agam Islam sekaligus melukai perasaan Muslim di seluruh dunia, kata IUMS yang berbasis di Doha tersebut.

Kementerian Luar Negeri Turki juga mengecam insiden itu dan mengaku prihatin dengan ketegangan baru di wilayah tersebut dalam beberapa hari belakangan.

"Kami mengecam serangan yang dilakukan sekelompok pemukim Yahudi terhadap kitab suci kami, Al Quran, dengan masuk ke sebuah masjid di Kota Urif yang berada di wilayah Palestina di bawah pendudukan Israel," katanya.

Ketegangan di Tepi Barat memuncak dalam beberapa bulan terakhir di tengah penyerbuan gencar Israel di kota-kota Palestina.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, hampir 180 warga Palestina tewas di tangan pasukan Israel sejak awal tahun ini. Sementara, sedikitnya 25 warga Israel juga tewas di berbagai serangan selama periode yang sama.

Diperkirakan ada sekitar 700.000 pemukim yang tinggal di 164 kawasan permukiman dan 116 titik luar di wilayah pendudukan Tepi Barat.

Berdasarkan hukum internasional, seluruh pemukiman Yahudi di wilayah-wilayah pendudukan dianggap ilegal.

Sumber: Anadolu
Baca juga: WN Prancis ditahan akibat merobek salinan Al Quran di Yunani
Baca juga: Komisaris Tinggi HAM PBB desak Israel akhiri kekerasan di Tepi Barat
Baca juga: Arab Saudi kecam serangan brutal Israel terhadap rakyat Palestina

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023