Jakarta (ANTARA News) - Hanya sehari setelah Mozilla mendemonstrasikan Firefox OS, ZTE hari ini mengenalkan ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi terbuka itu.

Smartphone bersistem operasi Firefox pertama di dunia, ZTE Open, dikenalkan ZTE di ajang pameran Mobile World Congress di Barcelona Spanyol.

ZTE, dalam pernyataan di laman resminya, mengatakan bahwa ZTE Open akan diluncurkan bersama operator global Telefonica pada pertengahan tahun ini di Spanyol, Venezuela, dan Kolumbia.

ZTE Open didesain untuk pengguna smartphone entry level, kaum muda yang menginginkan pengalaman teknologi terbaru, atau orang dengan budget terbatas yang ingin mengganti ponsel fiturnya dengan smartphone, kata ZTE.

ZTE Open berlayar sentuh 3,5 inci, HVGA TFT, kemampuannya didukung RAM 256MB dan 512 ROM. Kameranya 3,2MP, serta dilengkapi Bluetooth 2.1, konektivitas WiFi, dan kapasitas baterai 1200mAH.

EVP dan kepala divisi perangkat mobile ZTE, He Shiyou, mengatakan, ZTE terus mendorong batas-batas dengan tujuan membawa teknologi mobile yang sangat baru untuk ditawarkan kepada konsumen.

Sementara co-founder dan CTO Mozilla, Brendan Eich, mengatakan ZTE telah bergerak sangat cepat dan telah bekerja sama dengan Mozilla mengembangkan smartphone OS Firefox.

OS Firefox Mozilla berbasis HTML5 dan benar-benar open source sehingga pengguna ZTE Open akan mampu menjalankan aplikasi Web dan melihat situs favoritnya tanpa kehilangan salah satu pun dari fitur-fitur yang mereka sukai.

Spesifikasi utama ZTE Open:

* Mozilla Firefox OS
* Size: 114 x 62 x 12.5mm
* 3.5inch, HVGA.TFT, One Point touch + Gesture Captive (two point option) screen
* Memory:512MB Rom +256MB RAM
* Bluetooth 2.1, accelerometer, ambient light sensor
* GPS, with AGPS, WIFI 802.11b/g/n
* 3.2M FF Camera
* Battery: 1200mAH.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013