Makkah, Arab Saudi (ANTARA) - Plt Dirjen Pertahanan Sipil Mayjen Dr. Hammoud bin Sulaiman Al-Faraj mengatakan pemerintah Arab Saudi membuat posko terpadu untuk menjaga keselamatan dan kesehatan jamaah haji.

“Posko terpadu dibuat untuk mengelola situasi dan mencegah hal-hal yang membahayakan jamaah haji,” ujar Hammoud bin Sulaiman Al-Faraj di Makkah, Sabtu.

Ia mengatakan pihaknya menyebarkan tim pertahanan sipil di Mina, Arafah, Muzdalifah, dan Masjidil Haram.

Pihaknya juga mendirikan pos pemeriksaan di luar Makkah untuk mempercepat respons terhadap gangguan atau hal-hal yang membahayakan jamaah haji.

Ia mengatakan Pasukan Bela Negara siap dalam menjalankan tugas dalam hal aspek pencegahan dan operasional dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Pihaknya juga mengaktifkan peran relawan di ibukota dan tempat-tempat suci serta bekerja sama dengan lembaga pemerintah dalam menangani keadaan darurat sesuai dengan rencana umum darurat.

“Serta mengkoordinasikan upaya mereka melalui Pusat Operasi Darurat Haji,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Keamanan Publik dan Ketua Komite Keamanan Haji Letnan Jenderal Mohammad bin Abdullah al-Bassami mengatakan pemerintah Arab Saudi mengintensifkan kehadiran pasukan keamanan di lapangan untuk mencegah aksi kejahatan dan menjaga keselamatan jamaah haji.

“Rencana umum tugas dan tanggung jawab pasukan keamanan haji tahun ini, disetujui oleh Menteri Dalam Negeri dan Ketua Komite Haji Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef bin Abdulaziz. Rencana tersebut untuk mengintensifkan kehadiran pasukan keamanan di lapangan,” ujar al-Bassami.

Ia mengatakan rencana tersebut memastikan tanggapan cepat dengan langkah-langkah yang tepat untuk mencegah aksi kejahatan, memerangi pencopetan, dan segala bentuk gangguan yang memengaruhi keamanan dan keselamatan jamaah haji.

Ia juga menekankan penerapan prinsip pencegahan dan keselamatan jamaah haji dengan mengatur lalu-lintas di pusat kendali keamanan di pintu masuk ke kota suci Mekkah dan tempat-tempat suci lainnya.

Hal itu dilakukan untuk kelancaran pergerakan kendaraan, jalan utama, dan pejalan kaki.

Baca juga: Arab Saudi intensifkan kehadiran aparat keamanan jelang puncak haji
Baca juga: Arab Saudi mulai bawa jamaah haji dengan perawatan medis
Baca juga: PPIH ingatkan batas akhir pembayaran dam bagi petugas


 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023