Jakarta (ANTARA) - Para pendukung bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi "Ganjaran" sebagai media komunikasi dalam memenangkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
Aplikasi ini diluncurkan seiring dengan puncak perayaan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.
 
Pimpinan Redaksi Ganjaran App Azhari menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan media berbasis digital yang mengakomodasi beragam informasi dan gagasan Ganjar, aktivitas kelompok relawan, serta wadah diskusi pendukung "Si Rambut Putih".
 
"Ganjaran App lebih dari sekadar aplikasi dan media informasi. Di dalamnya terhimpun banyak diskusi yang kemudian melahirkan narasi-narasi cerdas untuk memperkuat pemenangan Ganjar," kata Azhari.
 
Menurut Azhari, dengan adanya aplikasi ini, semua upaya pemenangan pendukung Ganjar bisa terkonsolidasi dengan komunikasi yang intens. Sebab, di sini mereka bisa saling bertukar informasi dan mendapatkan pembaruan.
 
Setiap organ relawan juga bisa mengunggah kegiatan mereka di dalam aplikasi ini. Selain lewat platform digital, Ganjaran App juga melakukan penyebaran informasi lewat media sosial.
 
"Tentunya kami tidak hanya mengakomodasi relawan dan kelompok pendukung Ganjar saja. Kami juga ingin materi pengenalan Ganjar yang ada di aplikasi juga sampai ke masyarakat luas," imbuhnya.
 
Di sisi lain, secara teknis, untuk memperoleh informasi dari Ganjaran App bisa melalui aplikasi yang bisa didownload dari Play Store atau mengunjungi berbagai platform media sosial Ganjaran App.
 
"Sebagai media informasi pemenangan, sekaligus wadah komunikasi relawan, kami ingin menciptakan ruang yang hangat di tengah konstelasi. Sekaligus untuk memerangi hoaks dan fitnah yang membahayakan demokrasi," tutur dia.
 
Azhari menyebutkan, Ganjaran App memiliki banyak kanal, di antaranya, Artikel, Komik, Video, Suara Relawan, Event dan informasi dalam bentuk Q&A bernama Tanya Ganjar.
 
"Dalam kanal Artikel itu termuat semua narasi tentang Pak Ganjar, baik yang positif atau penjelasan dari isu negatif yang berkembang. Ini bentuknya opini, karena kami menganggap, artikel opini lebih mudah menarasikan pesan. Tapi, meskipun bentuknya opini, artikelnya tetap memperhatikan etika jurnalistik dan kaidah hukum," jelas Azhari.
 
Ganjaran App juga menyediakan medium lain untuk menyampaikan gagasan tentang Ganjar, yaitu berupa komik yang dikreasikan oleh kelompok paguyuban komik pendukung Ganjar.
 
"Kami ada kerja sama dengan para komikus yang juga ingin berbuat sesuatu untuk mendukung Pak Ganjar. Makanya kemudian kami sepakat untuk membuat kanal komik itu untuk menyuguhkan kreativitas mereka," tuturnya.
 
Selain itu, kata Azhari, ada juga kanal video yang terbagi menjadi dua bentuk, yakni video panjang dan pendek. Masing-masing video menyesuaikan output-nya di media sosial dan kebutuhan penonton.
 
"Kami ingin menampilkan video sesuai kebutuhan masing-masing orang. Video panjang untuk mereka yang ingin mengetahui informasi secara mendalam. Video pendek khusus bagi mereka yang ingin tahu secara sekilas, karena tidak punya banyak waktu," ucap Azhari.
 
Dia mengatakan video panjang berada di YouTube. Sementara video pendek dapat ditemukan di TikTok dan Instagram.
 
Kemudian, dalam aplikasi itu juga ada kanal Suara Relawan yang berfungsi untuk menjadi jendela bagi para pendukung Ganjar dalam menyuarakan pendapat dan dukungan mereka. Sementara kanal Event, itu untuk menginformasikan kegiatan relawan yang akan diselenggarakan.

Ada juga kanal Q&A berisi pertanyaan mendasar dan jawaban tentang Ganjar dan keluarganya. Di dalamnya diterangkan informasi mencakup semua hal yang ingin diketahui publik tentang Ganjar.
 
Aplikasi ini akan terus dikembangkan dan ditambahi fitur-fitur baru. Sehingga nantinya, Ganjaran App bukan hanya aplikasi pemenangan, tapi sebuah ekosistem sosial yang kompleks.
 
Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan aplikasi ini bisa mempererat hubungan segenap pihak yang mendukung dirinya sebagai calon presiden.
 
"Mau ketemu saya? Download Ganjaran App," ucap Ganjar.
 
Dalam beberapa kesempatan, Ganjar Pranowo sering berpesan pada para pendukungnya untuk menyebarkan informasi yang benar dan melawan hoaks. Ganjar ingin Pilpres 2024 dilakukan dengan kondusif dan damai.
 
Dengan misi itulah Ganjaran App menyajikan konten yang faktual dan menghibur. Aplikasi ini memiliki slogan, "Semua tentang Ganjar ada di sini".
 
Oleh karena itu sejak pertama kali Ganjaran App dibentuk, beragam informasi tentang Ganjar telah dikumpulkan dan kemudian disiarkan kepada khalayak. Hal ini bertujuan agar para calon pemilih paham siapa Ganjar dan apa saja yang sudah dilakukannya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023