...saya berharap kunjungan ini lancar-lancar saja dan semoga anak-anak menikmati pertandingannya...
Seoul (ANTARA News) - Mantan pemain basket NBA Dennis Rodman tiba di Korea Utara pada Selasa, untuk melakukan syuting dokumenter televisi bersama dengan perwakilan dari tim selebritis Harlem Globetrotters, demikian laporan televisi pemerintah Korut.

Rodman yang kini berusa 51 tahun dalam puncak kariernya pernah memenangkan lima kali cincin juara NBA dan juga terkenal atas keunikannya di dalam dan luar lapangan.

Pemipin Korea Utara, Kim Jong-un, yang telah meluncurkan dua roket jarak jauh dan satu percobaan nuklir dalam setahun masa pemerintahannya, dikabarkan merupakan penggemar berat NBA dan memiliki sejumlah foto bersama pemain dari Chicago Bulls dan Los Angeles Lakers ketika masih bersekolah di Swiss.

Rodman, yang identik dengan tato dan tindikannya, sempat pula bermain di Bulls.

Kunjungan ke Pyongyang itu diselenggarakan oleh perusahaan produksi televisi yang berbasis di New York, VICE.

"Saya rasa semuanya baru pertama kali ke sini, jadi saya berharap kunjungan ini lancar-lancar saja dan semoga anak-anak menikmati pertandingannya," kata Rodman kepada KCNA.

VICE yang sebelumnya pernah beroperasi di Korea Utara, menyatakan bahwa kunjungan selama sepekan itu juga akan meliputi pelatihan basket bagi anak-anak Korut dan sejumlah pertandingan dengan komunitas setempat.

Perusahaan itu menyebut Kim Jong-un mungkin hadir dalam salah satu acara, tetapi hal tersebut tidak dapat dikonfirmasi.

Tayangan kegiatan Rodman selama di Korea Utara itu dijadwalkan didistribusikan melalui channel HBO pada April mendatang.

Warga Negara AS tidak membutuhkan izin untuk berkunjung ke Korea Utara, seperti halnya Presiden Eksekutif Google Inc, Eric Schmit, dan mantan Gubernur New Meksiko, Bill Richardson, yang datang ke negara komunis itu pada Januari.

Reuters melaporkan, Kementerian Luar Negeri AS menyebut kunjungan itu sebagai tindakan keliru, tetapi tidak secara spesifik diarahkan kepada Rodman.

"Kami tidak melarang warga AS yang secara pribadi ingin pergi ke Korut, sementara soal kunjungan pribadi Rodman untuk bermain basket bersama anak-anak di sana, kami tidak akan mengomentarinya," kata Wakil Juru Bicara Kemenlu AS, Patrcik Ventrell.

Kim Jong-un merupakan orang ketiga dari keluarga Kim yang memimpin Korut. Dia dilaporkan memiliki berbagai kegemaran lain yang berkaitan dengan budaya Amerika Serikat selain olahraga basket.

Saat dilantik, dia menggelar perayaan hiburan yang menampilkan sejumlah karakter Disney. Dia juga kerap berfoto di taman hiburan, sangat kontras dengan penampilan ayahnya yang kaku.

Meskipun kunjungan Rodman tidak berhubungan dengan pemerintah AS, sebelumnya telah ada sejumlah upaya untuk mendorong diplomasi melalui olahraga dengan Korea Utara, termasuk olahraga gulat dan judo.

Pada saat yang bersamaan dengan ketibaan Rodman dan kawan-kawannya, Kantor Berita Korut KCNA kembali "menantang" Amerika Serikat dengan menyatakan bahwa "tidak ada pilihan lain untuk menjawab provokasi AS melalui sanksi selain dengan kekuatan militer".

(P012/H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013