Jika situasi di Rusia memburuk dengan tajam, itu dapat secara tiba-tiba membebani mata uang seperti Aussie
Singapura (ANTARA) - Dolar AS stabil di dekat posisi tertinggi satu minggu terhadap mata uang utama lainnya di awal sesi Asia, Senin, karena pedagang mempertimbangkan dampak siklus pengetatan moneter terhadap prospek pertumbuhan global dan kekhawatiran kecenderungan penurunan di ekonomi-ekonomi utama.

Investor juga waspada setelah peristiwa akhir pekan yang dramatis di Rusia, meskipun reaksi di pasar mata uang melemah karena mereka menilai implikasi dari pemberontakan yang dibatalkan.

Euro merawat kerugiannya dari minggu lalu dan terakhir naik 0,07 persen pada 1,0902 dolar di perdagangan Asia.

Mata uang tunggal telah jatuh ke posisi terendah satu minggu pada Jumat (23/6/2023) setelah data menunjukkan bahwa pertumbuhan bisnis zona euro hampir terhenti pada Juni di tengah penurunan aktivitas manufaktur yang semakin dalam dan ekspansi yang lambat dari industri jasa-jasa dominan blok tersebut.

Sterling naik 0,1 persen menjadi 1,27285 dolar, membalikkan penurunan 0,8 persen minggu lalu setelah kenaikan suku bunga 50 basis poin yang sangat besar dari Bank Sentral Inggris memicu kekhawatiran resesi Inggris.

Data flash Indeks Manajer Pembelian (PMI) pada Jumat (23/6/2023) memperlihatkan ekonomi Inggris menunjukkan tanda-tanda perlambatan bulan ini tetapi tekanan inflasi tetap tinggi.

Baca juga: Dolar menguat di Asia, bank sentral "hawkish" picu penghindaran risiko

Baca juga: Dolar naik di awal Asia, bank sentral "hawkish" rusak sentimen risiko


Sementara itu, aktivitas bisnis AS turun ke level terendah tiga bulan pada Juni dan kontraksi di sektor manufaktur semakin dalam, meskipun gambaran keseluruhan menunjukkan pertumbuhan ekonomi meningkat tajam di kuartal kedua.

"Sekali lagi, (ada) serangkaian data PMI yang lemah keluar dari Eropa," kata Carol Kong, ahli strategi mata uang di Commonwealth Bank of Australia (CBA). "Sebaliknya, data PMI di Inggris dan AS terus cukup solid dalam menghadapi kenaikan suku bunga yang agresif.

"Pengetatan moneter yang agresif di ekonomi-ekonomi utama ... kemungkinan akan terus melihat ekonomi global terus memburuk, yang akan mendukung mata uang safe haven dolar AS."

Terhadap sekeranjang mata uang, dolar AS stabil di 102,71, setelah naik lebih dari 0,5 persen minggu lalu, yang pertama dalam hampir sebulan.

Sementara itu, yen Jepang naik 0,3 persen menjadi 143,27 per dolar, meskipun tidak jauh dari level terendah dalam tujuh bulan di 143,87 yang dicapai pada Jumat (23/6/2023).

Ringkasan opini pertemuan kebijakan Bank Sentral Jepang (BoJ) Juni menunjukkan bahwa seorang anggota dewan mengatakan bank sentral harus mendiskusikan revisi kebijakan kontrol kurva imbal hasil pada tahap awal.

Yen telah berada di bawah tekanan baru dalam beberapa pekan terakhir di tengah perbedaan mencolok antara sikap ultra-dovish BoJ dan bank-bank sentral hawkish di tempat lain.

Diplomat mata uang utama Jepang Masato Kanda mengatakan pada Senin pihak berwenang akan menanggapi setiap pergerakan berlebihan di pasar mata uang, memperingatkan bahwa pergerakan yen baru-baru ini "cepat".

Pedagang juga memantau dengan cermat perkembangan di Rusia, setelah tentara bayaran Rusia yang bersenjata lengkap menarik diri dari kota Rostov di Rusia selatan berdasarkan kesepakatan yang menghentikan kemajuan pesat mereka di Moskow tetapi menimbulkan pertanyaan pada Minggu (25/6/2023) tentang cengkeraman kekuasaan Presiden Vladimir Putin.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko tergelincir 0,07 persen menjadi 0,66745 dolar AS, sedangkan kiwi naik 0,19 persen menjadi 0,61555 dolar AS.

"Jika situasi di Rusia memburuk dengan tajam, itu dapat secara tiba-tiba membebani mata uang seperti Aussie, jadi itu adalah sesuatu yang akan terus kami pantau," kata Kong dari CBA.

China juga kembali dari liburan pada Senin, dengan pasar waspada untuk langkah-langkah dukungan lebih lanjut dari Beijing guna merangsang pemulihan ekonomi negara yang goyah.

Yuan di pasar luar negeri merana di dekat level terendah tujuh bulan di 7,2162 per dolar.

Baca juga: Dolar tergelincir di Asia, kesaksian Powell tawarkan sedikit kejutan

Baca juga: Dolar menguat jelang kesaksian Powell, pound naik karena inflasi panas

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023