Makkah, Arab Saudi (ANTARA) - Menteri Media Arab Saudi Salman bin Yousef Al-Dosari mengunjungi media center Kantor Berita Arab Saudi atau Saudi Press Agency (SPA) di Mekah pada Minggu (25/6).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Salman bertemu dengan perwakilan kantor berita asing, termasuk Kantor Berita ANTARA sembari berharap kerja sama antar kantor berita ini dapat terus dilanjutkan.

Menteri Salman mengucapkan selamat datang dan mengaku senang dapat bertemu dengan perwakilan kantor berita asing.

Dalam pertemuan dengan Menteri Salman, Redaktur Internasional ANTARA Azis Kurmala mengatakan bahwa Antara meyakini pentingnya peran media dalam peliputan haji

Media memiliki peran cukup penting dalam memberikan informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi.

Karena itu, lanjut dia, kerja sama antara SPA dan ANTARA khususnya dalam pemberitaan haji dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

Selain meliput haji, ANTARA dan SPA juga bisa berkolaborasi untuk menginisiasi liputan atau ajang yang bisa meningkatkan people-to-people contact atau memfasilitasi business-to-business contact.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Paspor mengungkapkan bahwa 1.655.188 orang peserta telah tiba di Arab Saudi hingga Sabtu (24/6).

Sebanyak 242.272 penerima manfaat Inisiatif Rute Makkah – tiba dengan pesawat, 60.768 datang melalui darat dan 6.830 tiba melalui laut.

Direktorat Jenderal Paspor berupaya semaksimal mungkin untuk memfasilitasi prosedur masuk jamaah haji, termasuk melengkapi pos-pos pemeriksaan paspor di semua perlintasan perbatasan dengan perangkat teknologi terbaru.

Selain itu Direktorat Jenderal Paspor menerjunkan personel yang menguasai berbagai bahasa untuk membantu mekanisme masuk jamaah haji.

Baca juga: Lebih dari 1,6 juta peserta haji tiba di Arab Saudi
Baca juga: 209.782 calon haji Indonesia bersiap ikuti prosesi puncak haji

Baca juga: Saudi siapkan kereta listrik Al-Mashaer untuk mobilitas jamaah haji

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023