Jakarta (ANTARA) - Narkoba bisa menjerat siapapun, tak terkecuali para pesohor dunia hiburan di Indonesia. Meski begitu, mereka mampu bangkit dari masa kelam mereka dan kembali berkarya.

Berikut ini enam selebritas Indonesia yang kembali bangkit usai terjerat narkoba.

1. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad ditangkap di rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, pada Januari 2013 dengan barang bukti ganja dan pil ekstasi.

Dia lalu menjalani rehabilitasi selama tiga bulan di Unit Pelaksana Teknis Terapi dan Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lido, Jawa Barat. Setelah rehabilitasi selesai, Raffi kembali bekerja dengan mengisi berbagai acara televisi, hingga membangun banyak bisnis.

2. Nunung

Pada 2019, komedian Nunung dan suaminya Iyan Sambiran ditangkap kasus narkoba dengan barang bukti 0,36 gram sabu. Setelah menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta Timur, Nunung kembali muncul di layar kaca dengan mengisi berbagai program televisi.

Baca juga: Pakar farmasi BNN ingatkan ganja bisa mematikan sel otak

3. Reza Artamevia

Reza Artamevia ditangkap di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada September 2020. Saat itu, polisi menemukan barang bukti berupa 0,78 gram sabu.

Pelantun lagu "Berharap Tak Berpisah" itu pun menjalani rehabilitasi selama 10 bulan dan dinyatakan bebas pada 17 Juli 2021.

Dia pun kembali eksis di dunia hiburan. Pada akhir tahun lalu, dia turut memeriahkan konser Dewa 19 A Night at The Orchestra di Jakarta International Velodrome. Selain itu, ia juga mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif DPR RI di Pemilu 2024.

4. Dwi Sasono

Pada pertengahan 2020, aktor Dwi Sasono ditangkap dengan barang bukti 16 gram ganja. Akibatnya, dia harus menjalani rehabilitasi selama enam bulan.

Setelah dinyatakan bebas, Dwi Sasono memperbaiki reputasinya. Dia kembali berakting, diantaranya pada serial "Suami-Suami Masa Kini" dan berbagai judul film termasuk "Mencuri Raden Saleh", "Losmen Melati", dan "Jin & Jun".

Baca juga: Tantangan Ibu Kota berantas narkoba kala transisi endemi

5. Anji

Anji ditangkap pada Juni 2021 di studio musiknya dengan barang bukti termasuk satu plastik klip berisi tujuh linting ganja seberat 1,33 gram dan satu plastik klip berisi satu linting ganja seberat 0,15 gram. Ia pun divonis empat bulan rehabilitasi.

Usai bebas, Anji pun berusaha untuk bangkit. Pada tahun Januari 2022, dia kembali bermusik dengan merilis lagu "Disiksa Rindu".

6. Ari Lasso

Di masa lalu, musisi Ari Lasso pernah ketergantungan narkoba hingga menjalani rehabilitasi berkali-kali. Meski demikian, kini Ari Lasso telah berhasil bangkit dan bebas dari narkoba.

Wajah pelantun lagu "Hampa" itu pun kini telah banyak menghiasi layar kaca dengan menjadi juri ajang pencarian bakat menyanyi. Bahkan, saat ini dia tengah disibukkan dengan konser bertajuk "3 Dekade Perjalanan Ari Lasso" yang digelar di beberapa kota di Indonesia.

Baca juga: Pengamat ingatkan bahaya narkoba masih nyata

Baca juga: Edukasi bahaya narkoba dapat dimulai dari lingkungan keluarga

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023