Batam (ANTARA) - Seorang calon haji asal Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat atas nama Bahak Bogeng Galorok (81) meninggal dunia di Mekah, karena sakit jantung.

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Batam Syahbudi di Batam, Senin mengatakan Bahak merupakan jamaah calon haji yang tergabung pada kloter 29 Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bahak Bogeng Galorok usia 81 tahun pada pukul 06.20 WAS, Ahad di KKHI Mekah," kata Syahbudi.

Ia menyampaikan jenazah Bahak dimakamkan di pemakaman Sharae. "Dengan ini, jamaah Embarkasi Batam yang meninggal dunia di Mekah ada enam orang," ujar dia.

Baca juga: PPIH: 5 calon haji Embarkasi Batam meninggal dunia di Mekkah

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam mencatat lima calon haji meninggal di Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi hingga Sabtu (24/06).

Koordinator Media Center Haji (MCH) Embarkasi Hang Nadim Batam Syahbudi di Batam mengatakan lima calon haji tersebut berasal dari Kepulauan Riau, Jambi dan tiga orang lainnya dari Riau.

"Seluruh jamaah yang meninggal itu sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dan Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekah," kata Syahbudi.

Adapun penyakit yang mengidap pada calon haji itu, di antaranya Cardiovascular Diseases (sakit jantung), Respiratory Diseases (penyakit pernapasan), Unintentional Injuries (cedera yang tidak disengaja) dan Septic Shock (syok septik).

Baca juga: PPIH: Hingga saat ini dua calhaj Embarkasi Batam meninggal di Mekkah

Baca juga: Calhaj Embarkasi Batam yang meninggal di Tanah Suci tujuh orang


Lima calon haji yang meninggal dunia, yaitu Nurdin Shalahuddin bin Selamat (71) yang tergabung pada kloter tiga, Subani Firdaus Samad Thaha (62) yang tergabung pada kloter delapan, Yenni Artati Raja Yoesoef (64) yang tergabung pada kloter 13, Sholeh Tarwan Abdullah (83) yang tergabung pada kloter 15, dan Umi Kalsum Abu Kasim (61) yang tergabung pada kloter 22.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023