Untuk mendukung upaya menjaga stabilitas harga pangan....
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meminta bantuan penyediaan cold storage dan kontainer sebagai sarana penyediaan pangan di daerah kepada Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) RI Arief Prasetyo Adi.

"Untuk mendukung upaya menjaga stabilitas harga pangan, saya kira kedua sarana ini menjadi urgent untuk dimiliki Kepri dengan kondisi geografis provinsi kepulauan," kata Gubernur Kepri menemui Kepala Bapanas di sela acara Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional di Jakarta, sebagaimana siaran pers tertulis yang diterima di Tanjungpinang, Senin.

Menurut Ansar, keberadaan cold storage sendiri untuk menjaga agar sayuran, buah, daging, dan produk makanan lainnya tetap segar dan terjaga kualitasnya.

Cold storage merupakan ruangan atau gudang yang dirancang khusus menggunakan suhu rendah untuk menyimpan berbagai macam produk, seperti produk yang mudah rusak guna mempertahankan kesegarannya ataupun agar lebih awet.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Gubernur Ansar juga melaporkan kepada Bapanas bahwa secara agregat inflasi di Kepri pada bulan Mei 2023 berada di angka 2,99 persen.

Dengan capaian ini, kata dia lagi, tingkat inflasi di Kepri menjadi yang terendah ketiga di Indonesia, setelah Bangka Belitung dan Sulawesi Barat.

"Capaian ini berkat upaya yang cukup intens dalam menjaga stabilitas inflasi dengan memanfaatkan ketahanan pangan daerah dan mengontrol harga pangan secara simultan, sehingga harga pangan dapat terkendali," ujar Ansar.

Ansar pun menyampaikan Kepri saat ini sedang melakukan terobosan penguatan ketahanan pangan, khususnya para petani untuk dapat memanfaatkan lahan tidur yang telah diberdayakan oleh petani di daerah berjuluk Bumi Segantang Lada tersebut.

"Sejumlah kebutuhan pokok, mulai dari beras, telur, sayur, bahan pokok seperti bawang, cabai, tomat, dan berbagai macam bumbu dapur lainnya tersedia dan dapat dimanfaatkan melalui sarana ini," katanya pula.

Kepala Bapanas RI Arief Prasetyo menyatakan dukungan penuhnya terhadap penyediaan cold storage dan kontainer yang diusulkan Gubernur Ansar Ahmad.

"Akan segera ditindaklanjuti, ini dalam rangka mendukung penuh ketahanan pangan, khususnya untuk kebutuhan petani dan peternak di Kepri," kata Arief.

Arief turut menyampaikan Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional yang dilaksanakan oleh Bapanas serentak di 342 titik di 301 kabupaten/kota seluruh Indonesia bertujuan menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen jelang Idul Adha 2023, sehingga tingkat inflasi dapat terjaga.

"Peran gerakan ini adalah menjaga inflasi pangan, termasuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan mulai dari petani dan peternak," ujarnya pula.
Baca juga: NFA tekankan soal kerja sama antardaerah jaga ketahanan pangan
Baca juga: Anggota DPR: Ketahanan pangan harus disiapkan di daerah penyangga IKN

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023