Ombak yang tenang disertai oleh pasir pantai yang putih adalah pesona tersendiri yang dimiliki oleh Teluk Buo.
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memproyeksikan kawasan Teluk Buo, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Bungus, Padang sebagai destinasi wisata bahari unggulan di kota setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Padang Yudi Indra, usai melakukan kunjungan dan survei lapangan ke Teluk Buo, Senin siang hingga sore, menyatakan hari ini melakukan survei lapangan ke Teluk Buo, hasilnya ternyata kawasan ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ia menyatakan sebagai kawasan teluk, destinasi wisata yang berada di pinggiran Kota Padang itu memiliki tipikal ombak yang tenang, sehingga cocok untuk liburan keluarga.

"Ombak yang tenang disertai oleh pasir pantai yang putih adalah pesona tersendiri yang dimiliki oleh Teluk Buo, sehingga mata wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah," ujarnya lagi.

Selain itu, katanya pula, Teluk Bou ternyata juga memiliki kolam hiu yang sudah dikenal oleh masyarakat sekitar. Kemudian batu bolong serta kulu batu Bali.

"Teluk Buo juga dapat dijadikan titik keberangkatan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, jaraknya tidak jauh dan akses kapal juga sudah disediakan oleh warga sekitar," katanya.

Ia mengatakan lagi, dalam survei lapangan itu pihak Dinas Pariwisata juga langsung menjalani komunikasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teluk Buo yang sudah dibentuk sekitar dua tahun yang lalu.

"Tadi kami jalin komunikasi dengan pokdarwis setempat dan membahas beberapa langkah untuk mempromosikan destinasi Teluk Buo, acuan yang ingin dicapai adalah wisata berbasis masyarakat," ujarnya.

Indra Yudi mengatakan, pihaknya telah mencatat hasil survei lapangan hari itu untuk dibahas bersama dinas terkait guna mendukung pengembangan Teluk Buo baik secara sarana maupun anggaran.

Pemkot Padang optimis bahwa kawasan Teluk Buo bisa muncul sebagai destinasi bahari unggulan di Kota Padang, bersama dengan destinasi lain yang sudah dikenal wisatawan secara luas.
Baca juga: Kubuqi, keajaiban oasis di tengah padang pasir
Baca juga: Wisata Sumbar tak terimbas berhenti penerbangan internasional Citilink

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023