Indiana (ANTARA) - Tornado dan badai petir melanda Amerika Serikat bagian utara, tengah, dan selatan pada Minggu (25/6), menyebabkan puluhan rumah rusak dan sedikitnya satu orang tewas di Indiana, kata pihak berwenang pada Senin.

Agensi Cuaca Nasional mengatakan beberapa tornado dilaporkan terjadi pada Minggu sore di Indiana tengah.

Petugas darurat dari Martin County, Indiana, mengkonfirmasi adanya korban jiwa dari bencana tersebut. Direktur Manajemen Darurat Cameron Wolf mengatakan pasangan dari korban jiwa yang terluka telah diterbangkan ke rumah sakit.

Mereka tinggal di sebuah pondok kayu berlantai dua, yang dihancurkan oleh badai, jelas Wolf tanpa merinci lebih banyak.

"Kerusakan itu terjadi secara acak dan jenisnya tersebar luas," kata Wolf dalam sebuah wawancara dengan PBS.

Kerusakan sebagian besar terjadi di negara bagian itu, katanya, seraya menambahkan bahwa kota-kota lain tidak terlalu parah dilanda badai.

Gambar dan video dari media lokal menunjukkan pohon tumbang memblokir jalan dan rumah-rumah yang rusak. Badai hujan es besar juga dilaporkan terjadi di Indiana dan negara bagian yang berdekatan, ujar seorang pejabat.

Kepala Pemadam Kebakaran Eric Funkhouser dari kota Bargersville, selatan Indianapolis, mengatakan bahwa meskipun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, sekitar 75 rumah mengalami kerusakan sedang hingga parah setelah cuaca buruk, menurut kabar dari NBC News. Tempat penampungan darurat didirikan di Indiana tengah bagi warga yang rumahnya rusak dan hancur.

Pada Senin pagi, sekitar setengah juta pelanggan mengalami pemadaman listrik karena cuaca buruk di Amerika Serikat bagian tengah, utara, dan selatan, menurut situs pelacakan pemadaman PowerOutage.us.

Setidaknya satu orang tewas dan sekitar 24 orang terluka setelah tornado menghantam Mississippi tengah beberapa hari lalu.

Gelombang panas yang berbahaya juga baru-baru ini membantu terjadinya pembentukan tornado mematikan di Texas dan Florida, di mana setidaknya empat orang tewas bulan ini dalam angin puting beliung yang mendarat di negara bagian tersebut. Banjir juga memaksa hampir 150 orang mengungsi dari rumah mereka.

Sumber: Reuters
Baca juga: Sedikitnya 26 tewas akibat tornado di AS
Baca juga: AS keluarkan pernyataan darurat untuk Mississippi usai tornado hebat
Baca juga: Korban jiwa tornado Kentucky mencapai 74 orang

Penerjemah: Resinta Sulistiyandari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023