Salah satu rangkaian kegiatan kampanye yang dilakukan dalam peringatan ini adalah kegiatan bersih laut dan pantai yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melibatkan UPT Ditjen Hubla
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar aksi bersih laut dan pantai yang melibatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Hubla serentak di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut sebagai rangkaian kegiatan kampanye keselamatan pelayaran dalam rangka Hari Pelaut Sedunia Tahun 2023.

"Salah satu rangkaian kegiatan kampanye yang dilakukan dalam peringatan ini adalah kegiatan bersih laut dan pantai yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melibatkan UPT Ditjen Hubla," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha dalam keterangan yang diterima di Badung, Bali, Senin.

Ditjen Hubla juga menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Kuta, Bali yang juga didukung oleh Woman in Maritime (WIMA) Indonesia dan Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) pada Senin.

Kegiatan peringatan Hari Pelaut Sedunia tersebut dijadikan momen untuk menggalang kesadaran dan melibatkan masyarakat serta pelaut dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan pantai dan laut dari sampah plastik serta mempromosikan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan maritim," ucap Arif.

Pada 25-26 Juni 2023, Ditjen Hubla mengajak masyarakat Indonesia dan pelaut secara bersama-sama berpartisipasi dalam kegiatan bersih laut dan pantai. Seluruh UPT Ditjen Hubla yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia ikut berperan serta dalam kegiatan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan pelaut yang telah berpartisipasi dalam kampanye dan kegiatan bersih laut dan pantai ini. Partisipasi aktif mereka telah memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian sumber daya laut serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan maritim," kata Arif.

Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan maritim.

Menurutnya, kesadaran dan tindakan nyata dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, mengelola sampah dengan bijak, dan memelihara keindahan alam laut akan memberikan dampak positif yang besar bagi masa depan Indonesia yang lebih lestari dan berkelanjutan.

"Kemenhub berkomitmen untuk terus melakukan upaya dan kegiatan yang mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran serta menjaga kelestarian sumber daya laut. Kita semua memiliki tanggung jawab," tuturnya.

Baca juga: Ditjen Hubla minta pelaut berkontribusi jaga kelestarian laut
Baca juga: Kemenhub kampanyekan keselamatan pelayaran di Pelabuhan Padangbai Bali
Baca juga: Kemenhub: Pelaut berperan sebagai tulang punggung perekonomian

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023