IMS di GBK ini merupakan salah satu sarana olahraga indoor terbesar di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya mengatakan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta menjadi sarana olahraga indoor terbesar di Indonesia.

"IMS di GBK ini merupakan salah satu sarana olahraga indoor terbesar di Indonesia, yang memiliki multifungsi yang bisa dilakukan," ujar Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Essy Asiah dalam acara Sustainable Design, Construction & Safety for Indoor Stadium di Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Essy mengatakan, IMS ini dibangun untuk sebagai lapangan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023.

"Kementerian PUPR sebagai pengampu regulasi bangunan Gedung dan termasuk dalam salah satu pelaku konstruksi sebagai pengguna jasa, selalu berupaya untuk selalu ikut berkembang dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Indonesia, termasuk salah satunya melalui pembangunan IMS GBK," katanya.

Ditjen Cipta Karya telah menyelesaikan konstruksi Indoor Multifunction Stadium (IMS) di Kawasan Gelora Bung Karno.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK). Bangunannya sendiri seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 m2 milik Kementerian Sekretariat Negara di bawah pengelolaan PPK -GBK. Bangunannya sendiri seluas 50.398 m2 dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang.

IMS tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk mendukung olahraga bola basket saja, tetapi juga untuk cabang olahraga lain, serta aktivitas non-olahraga.

Secara desain, IMS memiliki 5 lantai dan 1 lantai atap dengan fungsi utama sebagai stadion bola basket dengan 1 lapangan utama dan 2 lapangan latihan.

Selain itu, stadion ini juga dapat difungsikan bagi cabang olahraga lain seperti Voli, Badminton, Tenis, Mixed Martial Arts (MMA), Atletik, dan lain-lain. IMS juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan non olahraga seperti konser musik, seminar, pertunjukan khusus dan lain-lain.

Pelaksanaan FIBA World Cup sendiri rencananya siap digelar pada Agustus 2023 mendatang. Pembangunan infrastruktur olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan dari pemerintah terhadap pembinaan atlet nasional supaya lebih berprestasi di tingkat internasional.

Baca juga: Jokowi soal lokasi Piala Dunia U-17: Stadion kita bukan hanya GBK
Baca juga: Kompleks GBK sudah bisa dipakai berolahraga usai puncak BBK 2023

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023