kalau bisa JPO itu diutamakan selesai duluan. Jangan sampai masyarakat jadi berkali-kali terhambat aktivitasnya
Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat, menargetkan pembangunan Jalan Layang Ciroyom di Jalan Arjuna Kota Bandung yang melintasi rel kereta api dekat Stasiun Ciroyom rampung dikerjakan pada akhir tahun 2023.
 
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan kini pembangunan infrastruktur tersebut sudah mencapai 33,5 persen. Target itu pun disampaikan demi membuat kepastian atas proyek itu kepada masyarakat.
 
"Kalau ini kurang ada kepastian, akan mendegradasi kepercayaan masyarakat. Kalaupun ada keterlambatan, harus segera dikomunikasikan," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Selasa.
 
Selama proses pembangunan itu, dia pun mengatakan pembuatan jembatan penyeberangan orang (JPO) perlu segera dibuat. Karena JPO itu bisa digunakan masyarakat tanpa harus memutar ke akses lain demi menyeberangi area itu.
 
"Rel dan fly over dibangun harus beriringan dengan pembangunan JPO. Bahkan, kalau bisa JPO itu diutamakan selesai duluan. Jangan sampai masyarakat jadi berkali-kali terhambat aktivitasnya," kata Ema.
 
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kota Bandung Cendrawan mengatakan saat ini proses pembangunan itu di antaranya pekerjaan pembesian pierhead, finishing body dan pierhead, pemasangan bekisting body, pengecoran body, pengecoran pier head dan finishing abutment.

Baca juga: Bupati Bandung sebut harus ada jalan layang di Jalan Bojongsoang

Baca juga: Pemkot Bandung targetkan mulai bangun jalan tol layang dalam kota 2023
 
Dia pun memastikan pembangunan itu bakal mengutamakan JPO untuk dibangun terlebih dahulu. Sehingga dia pun bakal menutup sementara area di sebelah proyek jalan layang tersebut.
 
"Akan kami bangun JPO. Untuk memfasilitasi warga di Jalan Arjuna kami akan membangun jalan di sisi kanan kiri fly over," kata dia.
 
Selain itu, menurutnya, pembangunan jalan layang itu akan berdampak pada salah satu cagar budaya milik Pemerintah Kota Bandung yang akan terkena dampaknya yakni rumah potong hewan (RPH).
 
"Ada cagar budaya yang nanti kena yakni rumah potong hewan (RPH). Kami perlu mendapatkan rekomendasi dari DKPP untuk pos jaga," kata dia.
 
Adapun pembangunan jalan layang itu dilakukan demi memperlancar lalu lintas kendaraan masyarakat tanpa terkena penutupan perlintasan sebidang kereta api. Karena ke depannya intensitas perjalanan kereta api Commuter Line Bandung akan lebih banyak untuk menunjang Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Pemkot sebut Bandung perlu dua jalan layang baru untuk urai kemacetan

Baca juga: Ridwan Kamil resmikan dua jalan layang di Kota Bandung

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023