Iya, hari ini warga Wakal sudah menunaikan Shalat Idul Adha 1444 hijriah/2023 lebih dulu
Ambon (ANTARA) - Masyarakat di Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, hari ini melaksanakan perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, dengan menggelar Shalat Ied di Negeri Ama Lisawane hari ini (27/6).

"Iya, hari ini warga Wakal sudah menunaikan Shalat Idul Adha 1444 hijriah/2023 lebih dulu,” kata Raja Negeri Wakal, Ahaja Suneth, Ambon, Selasa.

Menurutnya, pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dilakukan oleh masyarakat Wakal bukan hanya asal. Ada perhitungan secara turun-temurun dipakai oleh pemuka agama dalam menetapkan kapan Lebaran Kurban tersebut.

"Kita melihat bulan dan disesuaikan dengan perhitungan kalender kuno kami," ungkap Raja Negeri Wakal itu.

Berdasarkan pantauan ANTARA, pelaksanaan Shalat Idul Adha di Negeri Wakal berlangsung aman dan lancar. Shalat dilaksanakan berpusat di Masjid Nurul Awal Wakal.

Baca juga: Jamaah Thariqat Syattariyah di Aceh sudah rayakan Idul Adha hari ini Sementara itu negeri-negeri lainnya di Leihitu seperti Hila, Kaitetu, Seith, dan beberapa negeri lainnya, baru akan menggelar Shalat Idul Adha 1444 hijriah/2023 pada Rabu (28/06/2023) dan Kamis (29/06/2023).

Diketahui bukan saja Idul Adha, pelaksanaan Shalat Idul Fitri juga kerap dilakukan lebih awal oleh masyarakat Negeri Wakal. Hal ini telah menjadi adat di sebagian negeri di Maluku yang punya tradisi turun-temurun melaksanakan puasa bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri lebih awal.

Menurut mereka, penentuan satu Ramadhan di Negeri Wakal bukan hanya asal. Tetapi, para tokoh agama telah menghitung jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca juga: Warga Negeri Wakal Maluku besok sudah mulai Berpuasa satu Ramadhan

Pewarta: Winda Herman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023