Jakarta (ANTARA) - Vietnam, salah satu negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan negara Laos dan Kamboja tersebut kini tengah menjadi salah satu destinasi wisata yang semakin diminati pengunjung dari Indonesia.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden bidang Komersial Vietjet Air, Jay L. Lingeswara dalam acara “Peluncuran Layanan Penerbangan Vietjet Air Rute Jakarta - Ho Chi Minh City” di The Westin Jakarta, Selasa. Tingginya minat masyarakat Indonesia untuk melancong ke Vietnam menjadikan Vietjet Air selaku maskapai penerbangan dari Vietnam menyediakan rute baru dari Jakarta ke Ho Chi Minh City.
 
“Indonesia adalah pasar yang besar. Bahkan, penerbangan dari Bali ke Ho Chi Minh City/Hanoi atau sebaliknya dapat mencapai 5 kali penerbangan dalam sehari jika musim liburan tiba,” kata Jay
 
Negara Vietnam menawarkan ragam budaya, pemandangan alam yang cantik, serta wisata kuliner yang lezat bagi pengunjung. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan Indonesia untuk melancong ke sana.

Ada beberapa destinasi favorit pengunjung selama berada di Vietnam, yakni Da Nang, Ha Long Bay, Gua Son Doong, Kepulauan Phu Quoc, Cam Ranh Bay, kota kuno Hue, Hoi An, dan lainny. Kota Ho Chi Minh City merupakan salah satu destinasi populer di Vietnam dan banyak pengunjung dari Indonesia berkunjung ke daerah tersebut.

Di Ho Chi Min City, pengunjung dapat mengunjungi berbagai situs sejarah dan ragam sajian kuliner, mulai dari restoran yang mendapat penghargaan Michelin hingga jajanan kaki lima. Harga yang ditawarkan pun bervariasi dan dapat dipilih sesuai anggaran masing-masing.

Beberapa situs sejarah yang dapat dikunjungi di kota tersebut, antara lain Kantor Pos Pusat Saigon, Basilika Katedral Notre Dame, pasar Ben Thanh, dan tur ke Terowongan Cu Chi. Uniknya, beberapa situs sejarah tersebut merupakan peninggalan dari era kolonial Prancis saat mereka menduduki Vietnam.

Menariknya, pengunjung asal Indonesia yang berkunjung ke Vietnam berhak mendapatkan pembebasan visa selama 30 hari. Pengunjung pun bebas untuk pergi mengunjungi kota-kota di Vietnam dan menikmati suguhan pemandangan alam serta situs bersejarah di negeri berbentuk huruf S tersebut.

Jay mengatakan pengunjung dapat mengunjungi Vietnam sepanjang tahun karena di Ho Chi Min City, salah satu kota tujuan dari rute penerbangan Vietjet Air, memiliki iklim yang sama dengan Indonesia. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kota-kota yang memiliki iklim lebih dingin atau musim dingin, seperti daerah Hanoi, Sa Pa, Mau Son, dan Phia Oac.

“Vietnam memiliki iklim yang unik, dari utara ke selatan. Jika Anda ingin menikmati pantai, Anda bisa ke Da Nang. Jika Anda ingin ke kota dengan situs bersejarah, Anda bisa Hoi An. Anda memiliki banyak pilihan,” kata Jay.

Baca juga: Vietjet Air resmikan rute terbang Jakarta - Ho Chi Minh City

Baca juga: Melibas pegunungan Sa Pa Vietnam dengan Next-Gen Ford Ranger Raptor

Baca juga: Album Asia: Menengok sejumlah destinasi wisata populer di Vietnam

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023