Jayapura (ANTARA) - Tim SAR gabungan mengevakuasi dua dari delapan anak buah kapal (ABK) KM Farida Indah yang ditemukan KM Nagoya 02 di perairan Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kasie Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Charles Y. Batlajery, Selasa, mengatakan dua ABK KM Farida Indah ditemukan selamat, setelah adanya informasi petugas jaga pos TNI AL.

Dua ABK yang selamat adalah Bakri dan Ahmad alias Muti yang ditemukan, Senin (26/6) .

Setelah mendapat laporan tersebut tim SAR gabungan menuju KM Nagoya 02 yang berjarak kurang lebih 80 noticalmile dari muara Poumako, Timika.

Baca juga: KM Farida Indah hilang kontak menuju Asmat, SAR lanjutkan pencarian

Baca juga: Tim SAR cari KM Farida Indah setelah hilang kontak menuju Asmat


Untuk mencapai lokasi KM Nagoya 02 dibutuhkan waktu sekitar 10 jam perjalanan dan langsung mengevakuasi kedua ABK, kata Charles Batlajery.

Dari keterangan kedua ABK terungkap kapal yang ditumpangi mereka tenggelam setelah dihantam ombak sesaat setelah keluar dari Pelabuhan Poumako.

KM Farida Indah yang membawa bahan bangunan dengan membawa delapan ABK dilaporkan berlayar dari Timika sejak Senin (19/6) pukul 09:30 WIT dan dijadwalkan tiba di Agats Selasa (20/6) pukul 16:00 WIT, namun hingga Kamis (22/6) tidak ada berita sehingga dilaporkan ke Pos SAR Timika.

Enam ABK KM Farida Indah yang belum ditemukan yaitu Babak (50 th), Andi Suwardi (50 th), Doni (40 th), Abdul (40 th), Undin dan Defi, kata Charles Batlajery.*

Baca juga: Koarmada III bantu pencarian korban kapal tenggelam di Maluku Utara

Baca juga: Tim SAR cari 11 ABK KM Usaha Baru yang hilang di perairan Amar Mimika

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023