Jayapura (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun membagikan 17 ekor sapi pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah yang akan disalurkan di tiga daerah di Bumi Cenderawasih .

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jery Yudianto di Jayapura, Selasa, mengatakan pendistribusian tersebut akan diberikan langsung kepada masjid di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

“Untuk Kota Jayapura sebanyak 13 ekor sapi, tiga ekor sapi di Kabupaten Jayapura dan satu ekor di Kabupaten Keerom,” katanya.

Baca juga: Presiden sumbang sapi kurban bagi umat Islam di Papua Pegunungan

Menurut Jery, pada perayaan Idul Adha yang bermakna pengorbanan dan kemanusiaan, pihaknya mengajak umat Islam di Papua untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Serta menanamkan jiwa kemanusiaan dan pengorbanan sesama umat, terlebih di tengah masyarakat Papua yang beragam,” ujarnya.

Dia menjelaskan hewan-hewan kurban tersebut telah dilakukan pemeriksaan oleh instansi teknis. Dengan pemeriksaan tersebut, hewan-hewan yang dipilih tentunya sudah memenuhi syarat mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Pastinya hewan kurban itu yang terpilih dan sehat,” katanya.

Baca juga: 31 hewan kurban bantuan Gubernur Papua disalurkan ke enam daerah

Baca juga: Seluruh masjid di Kota Sorong-Papua Barat disumbang sapi kurban


Dia menambahkan perayaan Idul Adha 1444 Hijriah ini diharapkan dapat menjadi momentum menjaga keharmonisan antarsesama umat beragama.

“Semoga perayaan Idul Adha ini lebih memperkuat kebersamaan selaku warga negara, selaku rakyat di Papua dan selaku umat beragama," ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023