Jakarta (ANTARA/JACX) - Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan bersama istrinya berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji pada Kamis (22/6).

Sebuah unggahan foto di Twitter menunjukan foto Anies Baswedan dan Raja Salman yang dinarasikan Raja Salman mendampingi Anies dibantu dengan pengawal khusus seperti presiden saat melakukan tawaf.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Bagai Presiden, ANIES & RAJA SALMAN dikawal aparat kerajaan saat Tawaf”

Namun, benarkah foto Anies dan Raja Salman dikawal saat sedang Tawaf tersebut?

 

Unggahan foto hoaks Aneis dan Raja Salman dikawal di Makkah saat sedang Tawaf. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. (Twitter)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan foto tersebut merupakan editan. Foto asli dalam unggahan tersebut serupa dengan unggahan GATRA yang berjudul “Tinggalkan Makkah, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di Madinah”.

Sebelumnya, Anies mengaku mendapat undangan untuk beribadah haji dari Arab Saudi saat ditemui wartawan di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Kamis (22/6).

Anies juga memastikan pengumuman sosok bakal cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024 akan diumumkan usai pulang berhaji.

Klaim: Foto Anies bersama Raja Salman di Makkah saat Tawaf

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Raja Salman doakan Anies jadi Presiden 2024

Cek fakta: Hoaks! Anies gagal nyapres karena Demokrat keluar koalisi pada 17 Juni

Baca juga: Anies Baswedan sudah kantongi nama calon wakil presiden

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023